Ini Cara Tingkatkan Imunitas Selama di Rumah

Buah-buahan. - Reuters
04 April 2020 18:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Imunitas tubuh yang baik membuat kita terhindar dari paparan penyakit, salah satunya Covid-19. Imunitas atau kekebalan tubuh dapat ditingkatkan salah satunya dengan berolahraga. Namun olahraga bukan satu-satunya cara. Anda bisa ikuti cara berikut agar bisa meningkatkan imunitas tubuh meski #DiRumahAja

Sering Bergerak

Meski di rumah, jangan sampai waktumu habis untuk bermalas-malasan yang akhirnya menjadi kurang bergerak. Dengan sering bergerak dapat membuat otot-otot Anda kuat sama seperti ketika olahraga.

Dari sering bergerak juga dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres yang dapat membantu sistem imunitas tubuh juga.

Makan Makanan Sehat

Tambahkan antioksidan dan makanan penambah kekebalan tubuh ke dalam pola makan Anda. Kandungan tersebut dapat ditemui pada buah beri, alpukat, kacang-kacangan, wortel, dan sayuran,


Pilihlah buah-buahan yang mengandung penuh vitamin dan mineral seperti buahjeruk, kiwi, dan tomat.

Tidur Berkualitas

Tidur membantu menghidupkan ulang sistem di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu melepaskan sitokin, protein yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Berjemur

Matahari tidak hanya memberi Anda vitamin D, tetapi juga dapat mengangkat suasana hati Anda yang baik untuk tubuh Anda.

Kurangi stres

Stres melepaskan hormon yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh kita. Cobalah luangkan beberapa menit setiap hari untuk melakukan pernapasan dalam atau meditasi. Atau dengarkan musik yang menenangkan atau dengarkan podcast tentang sesuatu yang Anda sukai.

Kurangi membaca atau menonton hal-hal yang dapat menimbulkan kecemasan dan stres, terutama terkait hal yang terjadi akhir-akhir ini.

Bersosialisasi

Meski di rumah saja, pastikan Anda tetap bersosialisasi. Dengan bersosialisasi juga dapat mengurangi stres terlebih jika Anda adalah orang yang ekstrovert. Coba lah untuk menelpon, video call, atau sekadar mengirim pesan kepada kerabat terdekat.

Ini adalah masa yang sulit dalam hidup kita, dan kita perlu memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia untuk kita lalui. Jadi, jaga dirimu baik-baik - kenakan 'armor' di - dan ikuti pedoman untuk menjaga jarak fisik, dan kita akan membahas sisi lain dari ini bersama-sama.

Sumber : Suara.com