Advertisement

Yuk Perbaiki Kualitas Tidur yang Menurun karena Corona

Desyinta Nuraini
Sabtu, 04 April 2020 - 20:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Yuk Perbaiki Kualitas Tidur yang Menurun karena Corona Ilustrasi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi virus Corona penyebab Covid-19 tidak dimungkiri bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Kegelisahan dan rasa khawatir karena virus tersebut, membuat kualitas tidur menjadi menurun.

Melansir Bisnis.com, Brittany LeMonda selaku senior neuropsychologist di Lenox Hill Hospital, New York City mengatakan, tidur yang berkualitas penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. "Jika kita tidak tidur, kita dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh kita,” ujarnya dilansir dari Healtline, Sabtu (4/4/2020).

Advertisement

Berikut beberapa kiat yang bisa membantu Anda beristirahat dan tidur berkualitas di tengah pandemi virus corona :

1. Pertahankan rutinitas teratur

Banyak negara telah mengimbau warganya untuk tidak meninggalkan rumah. Mayoritas perkantoran tutup dan mengimbau agar karyawannya bekerja dari rumah. Meskipun di rumah, Navya Singh, seorang psikolog dan ilmuwan penelitian di Departemen Psikiatri Universitas Columbia, menyarankan agar rutinitas tersebut tetap dijaga. Misalnya, bangun pada waktu yang sama ketika ingin ke kantor serta bekerja sesuai jam kantor. Dengan begitu, waktu tidur pun sama seperti sebelum terjadinya pandemi virus corona.

2. Jangan tidur siang berlebihan

Berdiam di rumah mungkin membuat sebagian orang bermalas-malasan. Bahkan, mereka memiliki kesempatan untuk menikmati tidur siang. Namun jangan sampai waktu tidur siang Anda berlebihan, sebab itu akan berdampak pada waktu tidur Anda di malam hari.

3. Berolah raga (tidak sebelum tidur)

Berolahraga di siang hari, kata LeMonda, bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hanya saja, jangan berolahraga dalam waktu beberapa jam sebelum tidur karena stimulasi aktivitas fisik dapat mempersulit anda untuk tidur.

4. Struktur asupan berita

Hampir tidak mungkin untuk menghindari arus berita dan informasi Covid-19 yang terus-menerus meresahkan dan mengisi kehidupan Anda saat ini. Namun, konsumsi berita tersebut secara berlebihan akan meningkatkan tingkat kecemasan dan memengaruhi tidur.

5. Batasi paparan cahaya biru di dekat waktu tidur

Internet telah terbukti menjadi alat yang sangat berharga untuk komunikasi dan hiburan. Namun, menatap layar sepanjang hari akan menyulitkan Anda untuk tidur. Sebaiknya, satu jam sebelum tidur orang hindari semua gawai, dan sebagai gantinya lakukan kegiatan seperti membaca buku atau mendengarkan musik sebagai sarana hiburan sebelum tidur.

6. Hindari minum alkohol berlebihan

Beberapa orang mungkin merasa jika minum alkohol bisa membuat perasaan lebih baik. Namun, alkohol bukanlah pilihan sehat untuk mengatasi stres dan kecemasan. Minum alkohol justru memiliki efek nyata pada penurunan sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement