Bersin Gejala Corona?

Foto ilustrasi. - Reuters
07 April 2020 08:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Masih mewabahnya Covid-19 membuat banyak orang khawatir dengan gejala-gejala ringan seperti demam, flu, dan juga batuk yang terus menerus, yang mana gejala seperti itu kerap dirasakan pasien Covid-19.

Salah satu yang juga sering dicurigai sebagai salah satu gejala ialah bersin. Tapi benarkah bersin gejala seorang terkena virus Corona?

Seperti dilansir dari Daily Star melansir Suara.com, coronavirus dapat menyebar melalui tetesan yang berasal dari batuk atau bersin. Namun, bersin itu sendiri bukanlah gejala coronavirus.

Healthline mengatakan, bersin, pilek, sakit wajah, tetesan postnasal, dan mata gatal adalah gejala umum alergi atau pilek. Tetapi perlu diingat bahwa meskipun bukan gejala, seorang masih dapat menyebarkan virus Corona melalui bersin.

Lalu, bagaimana membedakan alergi dan gejala virus Corona?

Bagi banyak orang, bersin bisa menjadi gejala dari kedatangan alergi musim semi. Gejala lain dari alergi termasuk hidung mampet dan mata gatal.

Namun, Dr David Cutler, dokter obat keluarga di Pusat Kesehatan Providence Saint John di California, mengatakan alergi seharusnya tidak menyebabkan demam atau sakit tubuh.

“Umumnya, tidak ada batuk kecuali Anda memiliki banyak drainase hidung. Gejala alergi cenderung bervariasi dengan lingkungan: memburuk dengan paparan debu, serbuk sari, atau bulu binatang, sedangkan gejala pilek cenderung bertahan terlepas dari waktu, cuaca, lokalitas, atau faktor lingkungan lainnya," ujar Cutler.

Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia terus melonjak setiap harinya. Merujuk pada data hari Senin (6/4/2020), ditemukan sebanyak 218 kasus baru.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, total ada 2.491 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Sumber : Suara.com