Advertisement

Hindari Gunakan Sabun, Air Garam dan Cuka Ampuh Bersihkan Buah dan Sayuran

Siti Halida Fitriati (ST 19)
Jum'at, 10 April 2020 - 14:27 WIB
Nina Atmasari
Hindari Gunakan Sabun, Air Garam dan Cuka Ampuh Bersihkan Buah dan Sayuran Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Banyak dari kita yang tergoda untuk mencuci sayuran dan buah-buahan dengan sabun, karena lebih cepat untuk menghilangkan kotoran. Maka penting untuk mengetahui cara menangani dan mencuci buah dan sayuran dengan benar.

Sebelum membersihkan buah dan sayuran, pastikan tangan sudah bersih, dicuci dengan sabun dan air mengalir. Atau bisa juga gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan kuman dari tangan, baru kemudian bersihkan buah dan sayurannya. Untuk membersihkan buah dan sayuran bisa menggunakan air garam.

Advertisement

Caranya, rendam buah dan sayuran dengan air hangat dan tambahkan satu atau dua sendok teh garam dan biarkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Gosok bagian permukaan buah dan sayuran.

Sementara kentang dan wortel mengandung banyak tanah yang tersangkut pada tekstur kasarnya. Anda dapat menggunakan garam kasar sebagai scrub untuk menghilangkan sisa tanah, sambil memastikan tidak merusak atau menghilangkan kulitnya saat menggosok. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan.

Jangan menyimpan makanan basah di lemari es atau dapur. Setelah dicuci, keringkan dengan handuk, kertas, atau kain bersih. Ini membantu menghilangkan bakteri yang tersisa.

Membersihkan buah dan sayuran juga bisa menggunakan soda kue. Campurkan satu sendok makan soda kue dalam dua gelas air dan rendam buah-buahan dan sayuran selama 15 menit. Setelah selesai, bilas.

Selain itu, cuka juga dinggap paling efektif untuk menghilangkan pestisida dan bakteri. Caranya, tempatkan sayuran dan buah-buahan dalam larutan cuka dan air selama 20 menit. Untuk buah dan sayuran rapuh yang tidak dapat direndam, cukup disemprotkan dengan air cuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Standardmedia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement