Wisata Medis ke Melaka, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
10 April 2020 09:57 WIB Media Digital Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Setelah mencari berbagai informasi tentang wisata medis ke Malaysia, akhirnya Anda memutuskan untuk berobat ke Melaka. Keputusan penting pertama sudah Anda buat. Lalu apa saja persiapan dan perencanaan yang perlu Anda lakukan? Mari kita bahas satu-satu.

Pilih rumah sakit tujuan
Melaka memiliki beberapa rumah sakit bertaraf internasional seperti Mahkota Medical Centre atau yang lebih dikenal pasien dari Indonesia dengan nama RS Mahkota Melaka, Pantai Hospital Ayer Keroh, dan Putra Specialist Hospital. Pilih rumah sakit yang punya pusat keunggulan (centre of excellence) yang sesuai dengan keluhan Anda. Misal RS Mahkota, pusat keunggulannya yaitu jantung, ortopedi, dan kanker, jadi jika Anda punya keluhan di salah satu bidang ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk berobat kemari.

Tempat wisata yang ingin dikunjungi
Aspek kedua dari wisata medis yang tidak kalah pentingnya. Setelah semua urusan Anda di rumah sakit selesai, saatnya Anda memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk jalan-jalan mengeksplorasi Melaka.
Melaka sebagai kota yang dinobatkan UNESCO sebagai World Heritage Sites atau Kota Warisan Dunia karena kekayaan peninggalan bersejarahnya, memiliki cukup banyak atraksi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi.
Yang perlu Anda lakukan adalah cari informasi tentang tempat-tempat wisata ini dan buat itinerary atau rencana perjalanan. Kalau waktu dan kondisi Anda memungkinkan, tidak ada salahnya kalau Anda mengunjungi semua atraksi wisata yang menjadi highlight Melaka. Tapi kalau tidak, pilih yang paling menarik minat dan sesuai dengan kondisi Anda. Masalah pilihan destinasi wisata sangat subjektif dan bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain.

Persiapan dan alokasi budget untuk wisata medis
Perencanaan keuangan sangat penting untuk agenda apapun, termasuk untuk wisata medis. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah stress setelah pulang berwisata medis karena masalah keuangan. Idealnya, wisata medis memang sudah termasuk ke dalam budgeting dan perencanaan keuangan Anda setiap tahun. Jadi memang sudah ada post khusus yang didedikasikan untuk hal ini dan sudah ada dana yang dianggarkan. Karena kalau tanpa sistem anggaran, bisa beresiko mengganggu kelancaran aspek keuangan Anda.
Setelah mengetahui perhitungan biaya untuk berobat dan wisata ke Melaka, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi kondisi finansial Anda dan membuat perencanaan yang sesuai. Siapkan juga dana ekstra untuk kebutuhan mendadak selama di sana. Dengan adanya perencanaan, Anda dapat melakukan aktifitas wisata medis Anda dengan tenang dan tanpa beban.

Memilih Akomodasi
Hotel dan penginapan menjadi salah satu aspek yang perlu Anda rencanakan juga ketika berobat ke Melaka. Secara umum, panduan dalam memilih hotel adalah lokasi, fasilitas, dan harga.
Karena tujuan utama Anda adalah untuk berobat, faktor lokasi biasanya akan menjadi pertimbangan utama. Kalau lokasi hotel Anda dekat dengan rumah sakit tempat Anda berobat, selain kemudahan akses, Anda juga dapat menghemat biaya transportasi. Dan kalau jarak tempuhnya bisa dengan jalan kaki, Anda dapat bonus dapat melakukan olah raga yang menyehatkan. Rasanya tidak ada faktor pertimbangan yang lebih bijak dan tepat daripada unsur bisa sehat dan hemat.

Cek masa berakhir paspor
Masalah paspor ini memang sudah sangat klasik dan sangat penting dalam perencanaan wisata medis keluar negeri. Setelah memutuskan untuk jalan-jalan dan berobat ke Melaka, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah cek paspor Anda! Kalau ternyata masa tenggang paspor Anda sudah expired atau kadaluarsa, atau kurang dari 6 bulan, Anda tidak akan bisa berangkat.

Jadi pastikan paspor Anda masih berlaku. Perpanjang masa berlakunya kalau memang perlu. Sambil menunggu proses perpanjangan paspor, Anda dapat melanjutkan proses perencanaan wisata medis Anda seperti memilih dokter dan rumah sakit, alokasi budget, menyusun itinerary, dan memilih akomodasi.

Setelah mengetahui semua aspek yang perlu Anda persiapkan dan rencanakan untuk wisata medis ke Melaka, apa langkah selanjutnya? Anda tinggal mengakses www.BerobatkeMelaka.com untuk mendapatkan bantuan dan informasi yang lebih mendetil lagi tentang berobat ke Melaka. Semua yang Anda butuhkan tentang wisata medis ke Melaka bisa diperoleh di sini. Segera hubungi BerobatkeMelaka.com di 021 583-51522 dan selamat menikmati wisata medis Anda.