Ini Saluran yang Dapat Dimanfaatkan untuk Belajar Dari Rumah selama Masa Pandemi Covid-19

Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan
12 April 2020 04:27 WIB Yudi Supriyanto Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah DKI Jakarta pada Jumat (10/4/2020) mulai memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Sebelumnya, pemerintah pusat juga telah menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak fisik antara satu orang dengan lainnya agar tidak tertular virus yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, China, tersebut.

Sebagai bagian dari pembatasan kegiatan sosial tersebut, sekolah-sekolah pun diliburkan. Para siswa belajar dari rumah. Berikut beberapa dari banyak saluran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk dapat belajar dari rumah selain materi dari sekolah.

1. LPP TVRI

TVRI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama guna menayangkan program belajar dari rumah yang akan menayangkan materi pembelajaran dari SD sampai SMA, dan untuk guru serta orang tua.

Program ini rencananya akan berlangsung selama tiga bulan ke depan, dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Siaran materi pembelajaran ini akan dimulai oleh TVRI pada Senin, 13 April 2020.

2. Ruangguru

Dikutip dari lamannya, Ruangguru merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Ruangguru juga telah bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.

3. Quipper

Quipper, berdasarkan lamannya, merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil.

Berdiri pertama kali pada 2010 di London, Inggris, layanan Quipper saat ini telah dapat dinikmati di beberapa negara seperti Jepang, FIlipina, Meksiko, dan Indonesia.

Sejak 2015, Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dengan turut menyediakan, memperbaiki, dan mendistribusikan pendidikan berkualitas untuk guru dan siswa.

4. Rumah Belajar

Rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis

5. Sekolahmu

Sekolahmu memiliki sistem blended learning di Indonesia. Berbasis teknologi dan berkolaborasi untuk menyediakan program belajar bagi semua orang.

Sekolahmu ingin memastikan semua anak Indonesia sukses mencapai kompetensi dan meraih prestasi di masa depan dengan memberikan mutu pelayanan pendidikan yang berpihak kepada anak secara merata, serta menyediakan akses pembelajaran terintegrasi digital dengan struktur kurikulum yang personal dan fleksibel.

Sumber : Bisnis.com