Di Rumah Aja Bikin Anak Gadgetan Tiada Henti, Begini Tipsnya ...

Ilustrasi kecanduan gadget. - netmag.pk
13 April 2020 13:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Menjalani karantina mandiri di rumah aja terkadang membuat orang tua kewalahan untuk membatasi anak yang bermain handphone atau gadget secara terus-menerus. 

Namun, jika orangtua sudah habis akal, mereka umumnya akan membiarkan anak bermain gadget. Tapi bolehkah hal itu dilakukan?

Psikilog Anak dan Remaja Vera Itabiliana mengatakan jika hal itu boleh dilakukan. Bahkan ia mengakui di masa seperti ini pemberian gadget pada anak bisa diberi sedikit kelonggaran.

"Kalau molor-molor [waktu bermain gadget] nggak apa-apalah, tapi jangan sampai setengah hari, kita tetap butuh kegiatan lain," ujar Vera dalam diskusi di Instagram live @mommiesdailydotcom, belum lama ini.

Ia mengatakan waktu bermain gadget pada anak berumur di atas 4 tahun standarnya tidak boleh lebih dari 1 jam. Itu jika dalam kondisi ideal atau normal. Tapi dalam kondisi seperti ini tidak masalah diberikan lebih lama, tapi bukan berarti sampai setengah hari.

"Gadget boleh molor tapi jangan berlebihan juga, satu jam-an untuk anak berumur lima tahun," terangnya.

Selebihnya lagi-lagi orang tua harus pintar mengatur waktu antara pekerjaan dan menemani anak di rumah. Salah satunya dengan membuat kegiatan belajar atau bermain secara langsung.

Jika ingin menonton gadget, arahkanlah pada kegiatan yang mendidik dan mengasah kreatifitas anak. Seperti menonton video handcraft, lalu menantang anak untuk membuat karya seni tersebut.

"Orang tua harus pintar bagi kerjaan dari kantor dan anak. Jadi kalau bisa nonton sesuatu yang art and craft, misalnya origami, setelah nonton anaknya dikerjakan untuk membuatnya, yang buat dia aktif. Intinya ajak anak bergerak," jelas Vera.

Perlu diingat juga, anak-anak harus memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Misalnya anak berumur empat tahun masih membutuhkan waktu untuk tidur siang.

"Anak masih perlu tidur siang, itu juga penting buat menghabiskan waktu di rumah," tutupnya.

Sumber : Suara.com