Cara Menghilangkan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Layar Ponsel

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
14 April 2020 07:07 WIB Siti Halida Fitriati (ST 19) Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Mata lelah (eyestrain) merupakan kondisi umum, dan sering dialami oleh setiap orang, tapi menjadi lebih sering di era digital saat ini.

Biasanya disebabkan oleh penggunaan perangkat digital seperti komputer, smartphone, dan tablet. Kondisi mata lelah akibat dari perangkat digital lebih dikenal dengan istilah Computer Vision Syndrome (CVS) atau digital eyestrain.

Penyebab umum seseorang dapat mengalami eyestrain, akibat dari fokus pada satu tugas dalam waktu yang lama, seperti mengemudi atau membaca. Berada di ruangan yang tidak cukup cahaya, atau karena cahaya yang terlalu terang. Merasa stres atau lelah. Mengalami penglihatan yang buruk, atau masalah mata seperti mata kering.

Sedangkan penyebab khusus seseorang bisa alami digital eyestrain karena menggunakan perangkat digital terlalu jauh atau terlalu dekat dengan mata. Gagal berkedip sesering biasanya.

Terkena cahaya biru dalam jangka panjang, yaitu cahaya yang biasa dipancarkan dari perangkat digital. Melihat layar dengan pencahayaan yang tidak disesuaikan dengan benar.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah kelelahan mata.

Alihkan fokus dengan metode 20-20-20

Seringkali kelelahan mata terjadi ketika Anda melakukan aktivitas tunggal terlalu lama tanpa istirahat. Hal ini bisa dilakukan dengan metode 20-20-20 artinya selama 20 menit beraktivitas melihat layar dengan jarak yang dekat, disarankan istirahat selama 20 detik dengan melihat benda sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter).

Anda seharusnya tidak hanya melakukan metode tersebut, tetapi juga memastikan untuk melakukan aktivitas yang intens selama beberapa jam di siang hari. Jika Anda harus bekerja di depan layar atau berkendara jarak jauh selama beberapa jam, pastikan untuk menyeimbangkan aktivitas itu dengan aktivitas lain. Misalnya, berjalan-jalan di luar di bawah cahaya alami selama istirahat makan siang Anda jika Anda menghabiskan sepanjang pagi bekerja di depan komputer.

Posisikan layar Anda dengan baik

Pastikan Anda melihat perangkat digital Anda pada jarak yang benar dan di posisi yang tepat. Layar harus berada beberapa meter dari mata Anda, atau sekitar panjang lengan. Anda harus melihat layar setinggi mata Anda atau sedikit di bawahnya. Ini berlaku untuk perangkat digital seperti handphone dan beberapa perangkat digital yang mengharuskan Anda terlalu menunduk untuk hanya sekadar menatap layar.

Tips praktis lain untuk perangkat digital adalah memperbesar teks di layar agar sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda. Anda mungkin dapat menyesuaikan ukuran teks dalam pengaturan perangkat Anda.

Temukan cahaya yang tepat

Pencahayaan bisa menyebabkan kelelahan mata. Itu bisa terlalu redup atau terlalu terang, tergantung aktivitasnya. Cahaya seharusnya datang dari belakang Anda jika Anda berfokus pada sesuatu seperti membaca. Peredupan lampu dapat membantu mengurangi kelelahan mata saat menonton TV.

Pastikan layar yang Anda lihat juga cukup cahayanya. Sesuaikan kecerahan berdasarkan kebutuhan dan kenyamanan.

Gunakan obat tetes mata

Fokus yang intens, terutama saat melihat layar, dapat mengurangi kedipan mata Anda. Saat Anda kurang berkedip, mata bisa menjadi kering dan teriritasi. Anda dapat mengatasi ini dengan menggunakan tetes mata. Anda juga dapat mencoba untuk lebih sering berkedip ketika menggunakan layar, yang dapat mencegah terjadinya gejala.

Periksa udara

Anda mungkin menemukan bahwa Anda menghabiskan waktu di tempat yang memiliki kualitas udara yang buruk. Lingkungan dan tempat yang kering atau tercemar dengan unit pemanas dan pendingin dapat menyebabkan kelelahan mata.

Maka tingkatkan udara dengan pelembab udara,
Matikan sistem pemanas dan pendingin,
Pindah ke tempat yang tidak memiliki masalah udara yang sama.

Gunakan kacamata yang tepat

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah Anda memerlukan kacamata khusus untuk mengurangi kelelahan mata. Anda bahkan mungkin memerlukan lensa khusus, alat, atau terapi mata untuk aktivitas yang menyebabkan ketegangan pada mata. Lapisan dan warna tertentu pada lensa dapat membantu mata Anda.

Sumber : Healthline