Advertisement

Menimbun Makanan Bisa Berdampak pada Kesehatan, Apalagi Makanan Berpengawet

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jum'at, 17 April 2020 - 08:37 WIB
Nina Atmasari
Menimbun Makanan Bisa Berdampak pada Kesehatan, Apalagi Makanan Berpengawet Warga berbelanja di salah satu pusat perbelanjan modern di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Masa pandemi Corona membuat orang diminta berada di rumah saja. Kondisi ini membuat banyak warga menyiapkan persediaan makanan lebih banyak dari biasanya. Padahal memborong belanjaan makanan belum tentu menjamin kesehatan.

Menurut Ahli Gizi dr. Tan Shot Yen, dalam menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun tubuh, Anda hanya perlu melakukan perencanaan makanan ketimbang melakukan penimbunan bahan makanan. Dia pun menegaskan, penimbunan makanan juga tak sehat apalagi dengan makanan pengawet.

Advertisement

“Planning itu perlu, tak perlu nyetok makanan-makanan yang masuk freezer. Jangan sampai beli itu malah daya tahan tubuh down,” kata Tan Shot Yen, Kamis (16/4/2020).

Dia memerinci, situasi saat ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas hidup dan kualitas kesehatan. Caranya dengan mengoptimalkan kegiatan yang mungkin jarang dilakukan. Misalnya; memasak makanan sehat, olahraga teratur, dan berjemur.

Dia pun menambahkan, selama masa karantina ini menjadi peluang orang untuk belajar berhemat khususnya dalam mengonsumsi makanan. Dia menilai dengan kondisi ekonomi yang tidak bagus, seseorang akan cenderung berhemat dan menabung.

Dia menegaskan pentingnya makanan sayuran dan buah mendominasi isi piring selama masa pandemi. Dia beralasan, sayur dan buah mengandung serat tinggi. Nantinya, serat akan berubah menjadi probiotik yang mana menaikkan daya tahan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement