Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Dehidrasi saat Puasa

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
17 April 2020 10:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Bulan Ramadan akan segera datang. Umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa dengan manahan nafsu, makan dan minum.

Selama bulan puasa ini pastinya orang akan merasa haus yang merupakan tanda dehidrasi karena menahan minum. Padahal dehidrasi parah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Meski begitu, seseorang bisa mengontrol tubuh tetap terhidrasi meski menahan makan dan minum selama puasa. Berikut ini dilansir dari Egyptindependent.com, hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh terhidrasi selama puasa. Mari simak!

1. Minumlah cukup air

Minumlah cukup air sepanjang malam. Cobalah minum air satu atau dua cangkir setidaknya setiap jam dan letakkan air minum di samping tempat tidur ketika malam hari.

Cobalah untuk minum air tiga liter sehari selama puasa. Tapi, Anda perlu minum lebih banyak air ketika mengonsumsi minuman manis dan berkafein.

2. Pilih pakaian yang tepat

Pakaian yang tidak tepat di siang hari juga akan memengaruhi hidrasi tubuh selama bulan puasa. Jika Anda bekerja di dalam ruangan selama puasa, pilihlah kemeja berwarna terang.

Jika Anda bekerja di luar ruangan, pakailah pakaian yang berwarna gela untuk melindungi diri dari sinar matahari. Tapi, Anda tidak disarankan mengenakan pakaian hitam karena terlalu mengunci panasnya matahari langsung ke tubuh.

3. Mandi air dingin

Mandi air dingin juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama bulan puasa. Adapun tanda-tanda tubuh dehidrasi adalah bibir pecah-pecah, suhu tubuh meningkat, kelelahan, peningkatan denyut nadi, kulit memerah dan kesulitan bernapas.

Jika Anda mengalami dehidrasi dengan gejala peningkatan suhu tubuh, cobalah turunkan suhu tubuh dengan mandi air dingin atau basahi pangkal kepala dengan es batu yang dibungkus handuk.

4. Pilih makanan yang tepat

Makanan yang mengandung banyak gula seperti permen bisa membuat seseorang dehidrasi. Lebih baik konsumsi buah-buahan yang mengandung air untuk menjaga hidrasi tubuh selama puasa.

Jadi, alih-alih berbuka atau sahur dengan pasta, permen atau makanan manis lainnya. Lebih baik Anda mengonsumsi semangka, jeruk atau salad sayuran hijau untuk menjaga hidrasi.

5. Olahraga

Olahraga pasti membuat kita kehilangan banyak air saat berkeringat yang akhirnya menyebabkan dehidrasi. Tapi, olahraga juga membantu tubuh membuang racun dan elemen berbahaya lainnya yang menyebabkan dehidrasi.

Selama puasa, pilihlah waktu yang baik untuk berolahraga yang disarankan dua hingga tiga jam setelah berbuka puasa. Di samping itu Anda juga harus minum banyak air, terutama sebelum tidur.

Sumber : Suara.com