Advertisement

Di Rumah Saja, Saatnya Berbagi Pekerjaan Rumah dengan Pasangan

Krizia Putri Kinanti
Sabtu, 18 April 2020 - 09:47 WIB
Nina Atmasari
Di Rumah Saja, Saatnya Berbagi Pekerjaan Rumah dengan Pasangan Pasangan suami-istri. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat Anda atau pasangan Anda tidak senang dengan pekerjaan rumah tangga yang menumpuk maka stres di rumah bisa meningkat pesat.

Jika Anda bertanya kepada istri apa sumber stres utama mereka, beberapa orang akan menjawab bahwa itu adalah fakta bahwa suami mereka tidak ingin melakukan pekerjaan rumah.Tingkat stres meningkat di rumah Anda ketika salah satu dari mereka Anda tidak bahagia tentang pekerjaan yang belum selesai. Pasangan memperebutkan siapa yang melakukan apa yang ada di rumah, hampir sebanyak mereka memperebutkan uang.

Advertisement

Ditambah momen seperti karantina mandiri ini yang membuat Anda harus bekerja sama dengan pasangan dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan agar pasangan Anda melakukan lebih banyak pekerjaan di rumah adalah dengan meminta bantuan.

Dilansir dari www.verywellmind.com, ada beberapa cara agar Anda dan pasangan dapat membagi pekerjaan rumah tanpa harus bertengkar:

1.Pelajari Tentang Prioritas Anda

Tetapkan prioritas Anda sebagai pasangan. Apa yang benar-benar penting bagi Anda masing-masing? Banyak pasangan mendapati mereka melihat pembagian tugas secara berbeda.Gangguan rumah tangga tidak mengganggu sebagian orang.

Tetapi jika Anda merasa nyaman dengan rumah yang berantakan dan itu mengganggu pasangan Anda, Anda berdua harus berkompromi. Kompromi bekerja paling baik jika Anda memilih prioritas, daripada mencoba untuk sepenuhnya memuaskan kedua mitra.

Diskusikan bagaimana perasaan Anda berdua tentang makanan buatan rumah versus makanan cepat atau makan di luar sekarang dan kemudian.Berbagi sudut pandang Anda dan masing-masing tentang debu, toilet bersih, tempat tidur yang belum dirapikan, halaman rumput yang terawat baik, membayar tagihan tepat waktu Dan seterusnya.

Jika salah satu dari Anda merasa toilet kotor setelah dua atau tiga hari, maka Anda perlu memberikan informasi itu sehingga Anda dapat memahami apa yang Anda rasa penting.

2. Antisipasi Penghadang

Duduk bersama dan buatlah daftar tugas yang masing-masing Anda benci untuk lakukan.Apa yang dibenci, yang lain mungkin bisa ditoleransi. Jika Anda berdua membenci tugas yang sama, maka cari cara untuk berkompromi dalam menyelesaikan tugas yang tidak menyenangkan ini. Atau mungkin Anda bisa menangani tugas mengerikan bersama, sebagai sebuah tim.

3. Setuju pada Jadwal

Penting juga untuk memperhatikan jam satu sama lain. Beberapa orang adalah orang yang aktif pada pagi hari dan beberapa orang aktif saat malam. Memaksa satu sama lain untuk melakukan proyek atau tugas ketika mereka benar-benar tidak siap untuk melakukannya hanya menciptakan ketegangan. Pengaturan waktu itu penting.

4. Buat rencana setiap minggu

Beri tahu satu sama lain seperti apa minggu yang akan datang: pertemuan, tugas, acara-acara khusus, dll. Kemudian putuskan siapa yang akan melakukan apa, membuat daftar, dan memposting daftar. Jangan saling mengomel tentang apa yang Anda lakukan secara sukarela.

5. Mengevaluasi kembali

Jika salah satu dari Anda tidak menindaklanjuti janji untuk melakukan bagiannya dari pekerjaan di rumah Anda, cobalah dan temukan bersama mengapa ada keengganan seperti itu. Kadang-kadang satu pasangan terlalu banyak berkomitmen atau meremehkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sesuatu.

Menyalahkan pasangan Anda atas apa yang belum dicapai atau diselesaikan tidak akan efektif. Evaluasi kembali rencana Anda disesuaikan sesuai kebutuhan.

Bersikaplah fleksibel dan biarkan pasangan Anda menyelesaikan tugas dengan caranya sendiri.Jika handuk dilipat dengan cara tertentu sangat penting bagi Anda, maka lakukan sendiri. Jika setelah membahas situasinya, Anda berdua benar-benar tidak dapat menyelesaikan sesuatu, maka Anda perlu membuat beberapa pilihan.

Lihatlah beberapa area rumah dan halaman Anda yang mungkin ingin Anda kurangi untuk menghemat waktu dan uang. Atau cobalah mengatur rumah Anda agar berjalan lebih efisien. Tanyakan pada diri sendiri apakah beberapa pekerjaan harus dilakukan secara teratur. Misalnya, jika memotong rumput terlalu banyak waktu, pertimbangkan untuk menaburkan benih bunga liar di luar sana agar alam dapat melakukan hal itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement