Nafsu Makan & Tidur Bisa Dikontrol dengan Cara Ini

Ilustrasi tidur - Reuters
19 April 2020 06:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Imbauan untuk berdiam diri di rumah membuat kebiasaan atau kegiatan sehari-hari berubah. Tak sedikit orang lebih banyak tidur bahkan intensitas untuk makan atau ngemil bertambah, mungkin juga karena dipicu stres.

Tentu kegiatan tersebut tak baik untuk tubuh dan bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes dan obesitas. Lantas apa yang perlu dilakukan? Berikut rekomendasi mengatasi rasa ingin ngemil dan ingin selalu tidur selama pembatasan sosial dilansir dari Psychology Today:

1. Tidur dan Bangun Tepat Waktu

Satu hal yang dibutuhkan adalah tidur teratur. Pembatasan sosial dan imbauan untuk di rumah saja bukan berarti setiap hari adalah hari libur. Jangan terlalu banyak tidur di siang hari hingga akhirnya pada malam hari mata akan terjaga.

2. Pakai baju rapih

Jika sepanjang hari memakai piyama atau daster, akan mempengaruhi otak anda untuk selalu ingin tidur atau bersantai.

3. Gosok gigi

Ketika mulut terasa segar dan bersih, akan mengurangi keinginan untuk ngemil.

4. Keluar untuk berjemur

Anda bisa memanfaatkan waktu setidaknya 10 menit untuk menyerap sinar matahari pada pukul 10.00 WIB pagi. matahari telah dikaitkan dengan depresi. Sinar matahari mengandung Vitamin A dan D yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh.

5. Katakan pada diri untuk makan sayuran

Pada prinsipnya, pikiran akan mengendalikan tindakan, tetapi tindakan juga menciptakan kebiasaan yang memperkuat keyakinan. Coba kendalikan diri anda untuk memilih sayuran daripada kue seperti brownies.

6. Jangan buat kue setiap hari

Memang belakangan banyak orang yang bereksperimen atau mengeksplorasi diri untuk membuat kue selama berdiam diri di rumah. Boleh saja membuat kue tapi cukup 2 kali dalam seminggu. Anda mungkin bisa mengalihkan dari kebiasaan membuat kue dengan membuat salad.

7. Bersenandung

Humming atau bersenandung adalah cara cepat dan mudah untuk mengurangi stres dengan segera. Aktivitas ini telah terbukti mengurangi stres dan meningkatkan perasaan bahagia. Plus, tidak mungkin Anda makan dan bersenandung pada saat yang bersamaan.

Sumber : Bisnis.com