Advertisement

Awas, Diam di Rumah Tanpa Olahraga Dapat Sebabkan Sembelit

Siti Halida Fitriati (ST 19)
Minggu, 19 April 2020 - 13:27 WIB
Nina Atmasari
Awas, Diam di Rumah Tanpa Olahraga Dapat Sebabkan Sembelit Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja, JOGJA -- Jika Anda mengalami sembelit, olahraga dapat membantu memperlancar pencernaan. Menurut para ahli, olahraga lebih dari sekadar mengencangkan jantung dan otot-otot lainnya. Olahraga sangat penting untuk memperlancar buang air besar secara teratur.

Faktanya, salah satu hal utama yang menyebabkan sembelit adalah ketidakaktifan, mungkin karena jarang ke luar rumah, menyebabkan sebagian orang malas untuk berolahraga.

Advertisement

Padahal, olahraga membantu agar makanan dapat bergerak melalui usus besar. Olahraga juga membantu membatasi jumlah air yang diserap tubuh dari tinja, sehingga menyebabkan tinja menjadi keras dan kering.

Ditambah lagi, selain membantu pencernaan, olahraga seperti latihan aerobik juga mempercepat pernapasan dan detak jantung, serta hal ini membantu untuk menstimulasi (atau kontraksi) otot-otot dalam usus. Dengan begitu, otot-otot usus mampu bekerja lebih baik dan membantu mengeluarkan tinja dengan cepat.

Waktu terbaik untuk olahraga yaitu satu jam setelah makan berat. Karena setelah makan, aliran darah akan meningkat ke perut dan usus untuk membantu proses pencernaan makanan.

Jika berolahraga tepat setelah makan, otot usus tidak mampu melakukan proses tersebut. Karena kekuatan kontraksi otot usus tergantung pada seberapa banyak darah yang dimilikinya, lebih sedikit darah dalam saluran pencernaan atau disebut juga salauran gastrointestinal (GI) berarti kontraksi akan lebih lemah dan makanan akan bergerak lamban melalui usus.

Ini dapat menyebabkan perut kembung, sering mengeluarkan gas, dan sembelit. Jadi setelah makan besar, beri tubuh Anda kesempatan untuk mencernanya sebelum Anda mulai berolahraga atau beraktivitas berat.

Jadi, cukup melakukan gerakan ringan dapat membantu menghilangkan sembelit. Bisa dilakukan dengan berjalan teratur sekitar 10-15 menit beberapa kali sehari, dapat membantu tubuh dan sistem pencernaan bekerja sebaik mungkin.

Jika Anda sudah bugar, Anda dapat memilih latihan aerobik seperti berlari, jogging, berenang. Semua latihan ini dapat membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Peregangan juga dapat membantu meringankan sembelit, dan yoga juga bisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : webmd

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Danais Kembali Dikucurkan untuk Mendukung Program Becak Listrik di 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement