Jaga Berat Badan, Obesitas Memperparah Covid-19

Ilustrasi obesitas. - Daily Express
22 April 2020 04:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Data menunjukkan bahwa orang-orang yang rentan mengalami infeksi Covid-19 parah adalah mereka yang memiliki kondisi medis penyerta, seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah paru-paru.

Sekarang, sebuah studi baru menambahkan obesitas juga menjadi salah satu faktor risiko utama untuk infeksi Covid-19 parah, bahkan pada pasien di bawah 60 tahun.

Dokter di Inggris telah mengeluarkan peringatakan ini setelah menemukan mayoritas pasien Covid-19 yang dirawat di unit perawatab intensif NHS kelebihan berat badan atau obesitas.

Sebuah penelitian di Perancis juga menunjukkan sebagian pesar pasien yang membutuhkan bantuan ventilator adalah pasien dengan berat badan berlebih.

Itulah mengapa orang perlu menjaga berat badan pada kisaran yang lebih sehat yang dapat dilakukan dengan cara berikut ini, dilansir The Health Site:

1. Mengurangi konsumsi gula dan lemak jenuh

Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan berat badan dan diabetes, sementara lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Saat membeli makanan, pilihlah yang rendah gula, lemak jenuh dan glikemik. Perbanyak makan makanan berprotein tinggi karena dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan menekan rasa lapar.

2. Membuat rencana makan

Merencanakan makanan akan mendorong pilihan makanan yang lebih baik dan membuat sadar apa yang di makan setiap hari. Di sisi lain, cara ini juga dapat membuat Anda berhemat.

3. Olahraga

Berolahraga tidak hanya dapat membantu penurunan berat badan, tetapi juga bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Olahraga dikenal sebagai pengobatan yang efektif untuk depresi, kecemasan, ADHD, dan banyak lagi.

Selain itu, melakukan olahraga meski kecil tetapi rutin dapat mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan menaikkan suasana hati.

4. Membuat jurnal makan

Menyimpan jurnal makan akan membantu mengontrol makan berlebih, melakukan perbaikan pola makan, dan memperhatikan ukuran porsi.

Penelitian juga menunjukkan orang yang membuat jurnal makan dapat menurunkan berat badan mereka dan mempertahankannya dalam waktu lama.

Sumber : Suara.com, The Health Site