Berpotensi Terinfeksi Covid-19, Hewan Peliharaan Perlu Diperlakukan Seperti Keluarga di Rumah

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
22 April 2020 12:17 WIB Siti Halida Fitriati (ST 19) Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Para peneliti mengimbau selama Pandemi ini untuk setiap orang memperlakukan hewan peliharaannya seperti memperlakukan anggota keluarga di rumah. Hal ini dilakukan untuk melindungi hewan dari infeksi potensial, sementara para peneliti mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana virus ini mempengaruhi hewan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memelihara hewan selama Pandemi ini. Jangan biarkan hewan peliharaan berinteraksi dengan orang atau hewan lain di luar rumah. Jika anda memiliki kucing atau anjing, simpan di dalam rumah jika memungkinkan untuk mencegah mereka berinteraksi dengan hewan atau manusia lain.

Jika ingin berjalan-jalan bersama anjing peliharaan Anda, gunakanlah tali penuntun, dan tetap menjaga jarak setidaknya dua meter dari manusia dan hewan lain. Hindari tempat umum di mana banyak orang dan hewa lain berkumpul.

Di sisi lain, ada sejumlah kecil hewan di seluruh dunia yang dilaporkan terinfeksi virus yang menyebabkan Covid-19 setelah melakukan kontak dengan seseorang penderita Covid-19. Maka bicaralah dengan dokter hewan, jika hewan peliharaan Anda sakit atau jika memiliki kekhawatiran terkait kesehatan hewan peliharaan Anda.

Lindungi hewan peliharaan jika Anda menderita Covid-19 (dicurigai atau dikonfirmasi melalui tes), Anda harus membatasi kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lain, sama seperti yang Anda lakukan pada orang lain. Meskipun belum ada laporan bahwa hewan peliharaan dapat menjadi sakit dengan Covid-19 di Amerika Serikat, masih disarankan bahwa orang yang sakit dengan Covid-19 membatasi kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lain sampai lebih banyak informasi diketahui tentang virus ini. Hak ini juga dapat membantu memastikan Anda dan hewan Anda tetap sehat.

Jika memungkinkan, minta anggota lain atau keluarga untuk merawat hewan peliharaan Anda saat Anda sakit. Hindari kontak dengan hewan peliharaan Anda termasuk, mengelus, mencium, dan berbagi makanan atau tempat tidur. Jika Anda harus merawat hewan peliharaan Anda atau berada di dekat binatang saat Anda sakit, kenakan kain penutup wajah dan cuci tangan Anda sebelum dan setelah Anda berinteraksi dengan mereka.

Jika Anda sakit dengan Covid-19 dan hewan peliharaan Anda menjadi sakit, jangan bawa hewan peliharaan Anda sendiri ke klinik hewan. Hubungi dokter hewan Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda sakit dengan Covid-19. Beberapa dokter hewan mungkin menawarkan konsultasi pengobatan jarak jauh atau rencana alternatif lain untuk merawat hewan peliharaan yang sakit. Dokter hewan Anda dapat mengevaluasi hewan peliharaan Anda dan menentukan langkah selanjutnya untuk perawatan dan perawatan.

Di Amerika Serikat, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan apa pun, termasuk hewan peliharaan, ternak, atau satwa liar, mungkin menjadi sumber infeksi Covid-19 saat ini. Namun, karena semua hewan dapat membawa kuman yang dapat membuat orang sakit, maka selalu mempraktikkan kebiasaan sehat di sekitar hewan peliharaan dan hewan lainnya merupakan ide yang baik.

Cuci tangan Anda setelah memegang hewan, makanan hewan, dan bekas makannya. Lakukan kebersihan hewan peliharaan yang baik dan bersihkan hewan peliharaan dengan benar. Ketahuilah bahwa anak-anak usia lima tahun ke bawah, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, dan orang yang berusia 65 tahun ke atas lebih mungkin untuk sakit akibat kuman yang dibawa oleh beberapa hewan.

Sumber : CDC