Ini Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Saat Bulan Puasa

Olahraga di rumah - istimewa
23 April 2020 15:17 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Di saat berpuasa, banyak orang mengurangi berbagai aktivitas fisik, termasuk olahraga. Padahal, berolahraga saat berpuasa justru dapat membuat badan lebih bugar, asal tahu cara dan waktu yang pas.

Jovita Amelita, Dokter Ahli Gizi mengatakan latihan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intensitas lebih rendah akan membantu kebugaran tubuh, justru kalau tidak beraktivitas akan membuat badan lebih loyo dan cepat cape.

Meski demikian, dia menyarankan agar selama bulan Ramadan, olahraga dilakukan setelah berbuka puasa jika merasa terlalu lelah saat berpuasa. Sebab, biasanya mendekati waktu berbuka puasa, tubuh lebih terasa lemas dan haus karena tidak memiliki banyak energi.

“Saya menyarankan sesudah berbuka puasa, makan sedikit yang mengandung karbohidrat sederhana untuk mengembalikan energi, kemudian beri jeda sekitar 10 hingga 15 menit lalu boleh dilanjutkan dengan berolahraga,” tuturnya.

Beberapa pilihan olahraga ringan yang dapat dipilih antara lain jogging, berenang, bersepeda, serta aerobic ringan dengan durasi sekitar 30 hingga 45 menit.

Sementara itu, Rachmad Wishnu Hidayat, Dokter Spesialis Olahraga mengatakan selama bulan Ramadan, masyarakat dapat memilih berbagai jenis olahraga ringan yang tidak banyak mengeluarkan keringat. “jika keringat sudah mulai keluar banyak, segera turunkan kecepatan gerakan atau intensitas latihan,” tuturnya.

Adapun beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan antara lain jalan, bersepeda, senam aerobic, jogging, freeletics, yoga, latihan beban ringan, dan stretching kelenturan. Sebaiknya, hindari olahraga dengan intensitas tinggi saat jam kritis puasa yang membutuhkan banyak tenaga dan keluar banyak keringat karena berpotensi menimbulkan keluhan dan bisa membatalkan puasa.

Beberapa keluhan yang bisa terjadi antara lain pusing, lemas, keringat dingin karena gula darah menjadi drop atau rendah, jantung berdebar-debar, cedera sendi atau otot, dehidrasi, kram otot, mual muntah, hingga pingsan.

“Jika ingin aman sebaiknya memulai latihan olahraga setelah berbuka puasa ketika tubuh sudah kembali mendapatkan sumber energy. Asalkan tidak mengganggu waktu beribadah dan jam tidur. Lama olahraga sekitar 20 hingga 60 menit,” terangnya.

Sumber : Bisnis.com