Sederet Manfaat Minum Air Hangat, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Ilustrasi minum air - Reuters
24 April 2020 01:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Mengonsumsi air hangat setiap hari memiliki banyak manfaat. 

"Dokter menyarankan untuk meminum air hangat di pagi hari," kata ahli gizi klinis Stella Metsovas, dikutip dari Medical Daily melansir Suara.com.

Lalu apa saja efek dan manfaat yang bisa kita dapat dengan meminum air hangat atau panas setiap hari. Berikut seperti dirangkum The List.

1. Stres menurun

Tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu kunci untuk menurunkan kadar stres. Minum air hangat dapat menenangkan sistem pusat saraf kita yang mengendalikan respons otak pada stres.

2. Meredakan rasa sakit dan nyeri

Minum air hangat terbukti jadi cara alami untuk menyingkirkan rasa nyeri dan sakit. Karena dapat menenangkan dan memberikan hidrasi yang cukup. Rasa nyeri ini termasuk nyeri sendiri dan keram saat menstruasi.

3. Bikin awet muda

Ingin awet muda? Rutinlah minum air hangat. Dengan minum air hangat, racun di tubuh juga akan terbuang, lewat keringat yang diproduksi saat meminumnya.

Racun yang dibuang dengan minum air hangat membuat pori-pori terus memperbaik sel-sel mereka. Sel-sel yang diperbaiki ini dapat meningkatkan elastisitas yang bisa mencegah terjadinya keriput seiring bertambahnya usia, membuat kita terlihat lebih muda.

4. Memperbaiki sirkulasi darah

Minum air hangat dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga menjaga tekanan darah Anda.

5. Memperlancar pencernaan

Dengan menjaga hidrasi menggunakan air hangat membantu memecah makanan dalam usus agar semakin lancar dan lebih cepat daripada minum air dingin.

6. Menurunkan berat badan

Minum air hangat juga menjadi salah satu cara untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah kita dari makan berlebihan. Salah satu studi mengungkapkan bahwa meminum 500 ml air hangat dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 40%.

Semakin tinggi tingkat metabolisme Anda, semakin banyak bobot yang bisa Anda turunkan. Sehingga minum air hangat dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

7. Melindungi gigi

Minum air hangat dapat melindungi gigi, terutama gigi berlubang yang sudah ditambal. Beberapa bahan tambalan dapat bereaksi pada air dingin, bahkan bisa melepasnya dari gigi.

Dan jika Anda memiliki gigi sensitif, air hangat adalah cara yang tepat untuk menjaga hidrasi Anda karena air dingin bisa menimbulkan rasa nyeri.

Sumber : Suara.com, Medical Daily, The List