Begini Cara Mengelola Stres Akibat di-PHK Saat Pandemi Corona

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
25 April 2020 16:17 WIB Siti Halida Fitriati (ST 19) Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Puluhan juta orang berujung PHK di seluruh dunia akibat pandemi Covid-19. Kehilangan pekerjaan dapat berdampak pada perubahan emosional yang signifikan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya stres.

Pertahankan hubungan yang mendukung

Bicaralah dengan teman dan keluarga, serta biarkan orang-orang penting dalam hidup Anda tahu apa yang sedang terjadi pada Anda. Ketika mereka dapat mendengarkan keluh kesah Anda itu akan banyak membantu bagi kesehatan mental Anda. Dari hal tersebut Anda akan mendapat dukungan dan empati serta sangat membantu dalam menjalani masa-masa sulit ini. Dan juga cobalah bersikap terbuka, jangan merasa hina atau rendah karena menerima bantuan dan dukungan dari orang-orang yang peduli dengan Anda.

Jaga tubuh anda

Olahraga adalah penangkal penting untuk stres. Selain itu juga tetap jaga pola makan dan tidur Anda, karena penting dalam upaya menjaga diri Anda tetap sehat dan mampu beraktivitas sebaik mungkin.

Manjakan diri sendiri

Lakukan sesuatu setiap hari yang membantu Anda merasa baik. Ini adalah waktu untuk berbelas kasih dengan diri Anda sendiri dalam mengurangi stres dan membantu Anda merasa tenang. Cobalah berjalan-jalan, mandi air hangat, berbicara dengan seseorang yang Anda percayai, bermeditasi, berdoa, mendengarkan musik atau apa pun yang membantu Anda merasa santai.

Menulis

Tuliskan ide, pikiran, dan perasaan Anda. Menulis bisa menjadi cara yang sangat berguna untuk melampiaskan perasaan negatif serta mengklarifikasi masalah yang mungkin sedang Anda perjuangkan. Membuat daftar target anda juga dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap jernih.

Jaga sikap mental positif

Tetap waspada terhadap pesan yang Anda berikan kepada diri sendiri. Jika Anda memiliki pemikiran negatif terhadap diri sendiri misalnya, "Saya tidak akan pernah memiliki pekerjaan yang baik lagi", "Saya merasa tidak berharga", penting untuk mengamati ini dan mengatakan pada diri Anda sendiri untuk berhenti melakukannya. Pikiran-pikiran seperti itu akan membantu dan membuat kita merasa lebih buruk.

Karena memang kita tidak selalu dapat mengendalikan apa yang terjadi pada diri kita, pada kenyataannya, menghandle diri sendiri dengan cara berpikir positif adalah hal yang dapat kita kontrol untuk membantu menenangkan pikiran.

Ingatlah bahwa tidak ada yang tetap sama, kehidupan itu selau berubah, ada naik dan turunnya, dan katakan pada diri sendiri “ini juga akan berlalu”. Pertahankan harapan dan gambaran apa yang Anda inginkan, daripada khawatir tentang apa yang Anda takuti.

Kapan harus mencari bantuan profesional?

Merasa cemas dan tertekan, sulit tidur, tidak bisa menikmati aktivitas yang biasa yang Anda nikmati adalah semua perasaan normal yang mungkin Anda alami setelah PHK.

Jika perasaan ini bertahan lama, mungkin berguna untuk dikonsultasikan ke dokter atau profesional kesehatan mental. Mungkin PHK juga dapat membuat banyak tekanan emosional pada hubungan Anda, berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental tentang ini juga bisa dilakukan.