Advertisement

Ini Manfaat Empon-Empon saat Berpuasa

Desyinta Nuraini
Rabu, 29 April 2020 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Manfaat Empon-Empon saat Berpuasa Jahe - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Empon-empon belakangan ini dipercaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa terbebas dari berbagai virus, termasuk Corona penyabab Covid-19. 

Memang belum ada hasil penelitian yang pasti bahwa empon-empon mampu menangkal virus corona. Namun yang pasti, khasiat ramuan herbal ini bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Advertisement

Karena khasiat itulah, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, mengatakan empon-empon sangat baik dikonsumsi saat bulan puasa.

Dia menuturkan, sama seperti manfaat jamu lainnya, empon-empon bersifat antioksidan yang bertugaa menangkal radikal bebas. Kemudian herbal ini meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh.

"Sehingga selama puasa sebenarnya manfaat baiknya bisa lebih terasa karena vitalitas tubuh itu bisa lebih bagus, energinya lebih efisien, metabolismenya lebih efisien," katanya dalam diskusi online di aplikasi pesan singkat.

Untuk membuat empon-empon pun sangat mudah. Salah satu caranya yakni menyiram jahe dan sereh yang sudah digeprek dan diiris tipis, dengan air mendidih. Tentunya jahe dan sereh tersebut yang sudah dicuci bersih. Air seduhan jahe dan sereh itu bisa ditambahkan gula aren untuk pemanis.

Metode lainnya, jahe dan sereh direbus dengan air mendidih selama kurang lebih 15 menit, jika ingin merasakan lebih banyak kandungan zat aktifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement