Cara Melatih Pola Pikir Agar Sukses Berbisnis

Pola pikir yang positif dibutuhkan dalam membangun bisnis baru. - Stansburylegal
01 Mei 2020 04:07 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kemampuan mengelola pikiran sangat penting dalam menjalankan bisnis.

Sebab, sering sekali orang gagal menjalankan bisnis barunya, karena dalam muncul pikiran kegagalan. Padahal, banyak orang yang memiliki banyak ide bisnis yang menarik untuk dijalankan tetapi sering kali ide tersebut hanya sekadar menjadi ide karena ketidakberanian atau ketidakpercayadirian untuk mewujudkannya menjadi usaha nyata.

Selain itu, ada pula seseorang yang sudah memulai usaha tetapi di pertengahan bisnis muncul perasaan “andilau” atau perasaan antara dilema dan galau untuk melanjutkan usaha tersebut karena rasa ragu yang menghantui apalagi di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini.

Sebetulnya untuk menjadi seorang entrepreneur, yang dibutuhkan bukan hanya ambisi atau kreativitas tetapi juga pola pikir yang tepat untuk mewujudkan sesuatu. Dikutip dari situs entrepreneur.com, berikut delapan cara yang dapat dilakukan untuk melatih pola pikir seseorang agar lebih sukses dalam menjalankan usahanya.

1. Tukar rasa takut dengan rasa penasaran

Menjadi seorang pengusaha itu artinya berani untuk berpetualang pada ketidakpastian tidak seperti pegawai yang setiap bulan pasti mendapatkan penghasilan yang tetap. Bagi banyak orang, kondisi ini cukup menakutkan karena harus menjelajahi bidang yang belum diketahui sebelumnya. Namun, jika rasa takut untuk mengambil risiko menjadi penghalang Anda untuk menjalankan usaha, maka ubah menjadi rasa ingin tahu untuk mengeksplorasi berbagai hal.

Setiap kali merasa cemas atau takut, katakana pada diri sendiri bahwa Anda hanya ingin mengetahui apa hasil akhir yang akan didapatkan setelah berusaha semaksimal mungkin. Pemikiran ini, akan membuat Anda menjadi lebih terbuka dan berani melakukan eksperimen dan mencoba hal-hal baru.

2. Lakukan hal-hal yang justru membuat Anda takut

Sebagai seorang pengusaha, Anda perlu untuk mengambil risiko baik besar maupun kecil, sesering mungkin. Sebab, hal ini akan melatih pikiran Anda lebih tahan terhadap stres akan kegagalan yang mungkin terjadi hingga akhirnya Anda berhasil meraih kesuksesan. Namun, tetap saja dalam mengambil suatu risiko diperlukan langkah-langkah dan strategi agar semuanya lebih terukur dan tidak asal membuat keputusan.

3. Belajarlah untuk mempercayai insting Anda

Kemampuan untuk berpikir cepat dan menentukan di saat yang tepat, dapat menghancurkan atau menyelamatkan karir bisnis Anda. Pada saat ini, Anda harus mempercayai insting pertama Anda sebab insting merupakan panduan terbaik saat membuat keputusan cepat.

Namun, Anda juga harus sering melatih insting Anda saat membuat keputusan besar maupun kecil saat dihadapkan pada sebuah pilihan. Dan lihalah bahwa insting sering kali tepat, tinggal bagaimana kita dapat melatih dan lebih mempercayainya.

4. Hargai diri sendiri

Merencanakan bisnis dan menetapkan tujuan dalam bisnis memang sangat penting. Namun, Anda juga perlu meluangkan waktu setiap hari untuk menilai kemajuan atau keberhasilan apa saja yang telah anda buat sehingga Anda dapat lebih menghargai diri sendiri karena telah menindaklanjuti ide menjadi bisnis yang menghasilkan. 

Bahkan jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana, jadikan setiap kegagalan sebagai pengalaman untuk dapat terus belajar sehingga pada setiap hari akan selalu ada hal yang Anda syukuri.

5. Kenali kesuksesan untuk saat ini 

Merupakan ide bagus untuk fokus pada tujuan akhir tetapi jika selalu berpikir tentang kesukesan sebagai sesuatu yang masih jauh untuk dicapai maka Anda akan merasa seperti tidak melakukan cukup banyak hal. 

Daripada memikirkan kesuksesan di masa mendatang, cobalah untuk mempertimbangkannya di masa kini dalam pikiran Anda. Alih-alih berpikir, 'suatu hari, aku akan mewujudkannya', pikirkanlah bahwa 'Aku sudah mewujudkannya'. Dan itu sepenuhnya benar, sebab setiap hari yang Anda lakukan untuk mengerjakan tujuan sebagai bagian dari kesuksesan yang dituju

6. Belajarlah untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan

Setiap pengusaha pasti memiliki harapannya sendiri. Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mewujudkan harapan tersebut. Misalnya, kita bisa menentukan harga produk berdasarkan pada kualitas barang tersebut.

Namun, tentu saja Anda harus realistis dalam menentukan harga, tidak kemahalan juga tidak terlalu murah. Untuk dapat menentukan harga yang tepat, Anda juga harus percaya pada diri dan kualitas produk yang Anda jual.

7. Olahraga dan tetap sehat

Di dalam tubuh yang sehat maka akan muncul pemikiran yang juga hebat. Cobalah untuk berolahraga secara teratur, sebab ini tidak hanya membantu untuk mengendalikan stres Anda, tetapi juga bisa memunculkan semangat.

Meningkatkan kondisi fisik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, dan itu sangat penting untuk mencapai pola pikir bisnis yang sukses. Diet sehat yang diikuti dengan rencana latihan akan membuat Anda merasa lebih siap menghadapi tantangan, baik mental maupun fisik, dalam menjalankan bisnis yang sukses.

8. Carilah dukungan positif

Semua manusia mudah dipengaruhi hingga taraf tertentu. Apa pun usaha atau posisi Anda, akan selalu ada seseorang yang mencoba untuk mengkritiknya. Tentu saja, kritik bisa membangun - tetapi juga bisa sangat merusak dan menyebabkan Anda meragukan diri sendiri.

Jadi, cobalah untuk berada pada lingkungan yang mendukung Anda dan membjat Anda lebih percaya diri untuk menjalankan usaha. Jauhi lingkungan negative yang bisa merusak ambisi Anda.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia