Selain Bermanfaat untuk Fisik, Jenis Olahraga Ini Bisa Menekan Depresi

Pose yoga suryanamaskar - Istimewa
05 Mei 2020 17:47 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Olahraga teratur dapat mengurangi risiko mengembangkan depresi dan mengurangi keparahan gejala depresi. Pernyataan itu telah berdasarkan sejumlah penelitian. Bahkan jumlah kecil bisa sangat berarti.

"Olahraga teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mental dan fisik Anda, hanya satu jam berolahraga per minggu dapat secara signifikan mengurangi risiko depresi dan gejala depresi." kata Adam Fry, PhD, spesialis ilmu kinerja di Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai dikutip dari Insider.com, Selasa (5/5/2020).

Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa mereka yang memiliki kecenderungan genetik terhadap depresi yang berolahraga lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi daripada mereka yang tidak berolahraga sama sekali. Faktanya, penelitian ini menemukan bahwa hanya 15 menit berlari atau satu jam berjalan setiap hari - menggantikan duduk - membantu melindungi dari gejala depresi.

Berolahraga juga telah ditemukan untuk merangsang pelepasan endorfin, suatu neurotransmitter di otak yang memberikan penghilang rasa sakit, meningkatkan perasaan kesenangan dan kesejahteraan, dan dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Menurut sebuah studi tahun 2017 di jurnal Brain Plasticity, olahraga dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin di otak. Latihan juga meningkatkan Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF), protein yang mendukung struktur dan fungsi otak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan 150 hingga 300 menit olahraga intensitas sedang per minggu atau 75 hingga 150 menit aktivitas kuat per minggu.

Jika Anda berjuang dengan depresi atau tingkat stres yang tinggi, mungkin sulit untuk tetap pada hal ini, dan Fry mengatakan bahwa olahraga apa pun masih akan bermanfaat. Selain itu, ada banyak kegiatan yang memenuhi syarat sebagai olahraga sedang atau kuat, per CDC. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.Moderat: Berjalan, aerobik air, menari, berkebun, atau yoga.
2.Kuat: Berlari, bersepeda, berenang, mendaki gunung, lompat tali, atau angkat berat.

Penting untuk mendapatkan kombinasi dari berbagai jenis latihan ini, agar Anda tetap tertarik dan termotivasi. "Baik latihan aerobik dan latihan kekuatan dapat membantu, rekomendasi aktivitas fisik mempromosikan kedua bentuk latihan, dan variasi dapat menjaga hal-hal dari menjadi monoton" kata Fry.

Selain itu, para peneliti telah menemukan manfaat kesehatan mental berikut untuk kedua jenis olahraga:

-Intensitas sedang.
Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa mereka yang berolahraga dengan intensitas sedang termasuk kegiatan seperti olahraga tim, olahraga individu dan berjalan selama 150 menit seminggu dilaporkan memiliki lebih sedikit gejala depresi, seperti kecemasan

-Latihan kekuatan
Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry menemukan bahwa peserta yang melakukan latihan kekuatan - seperti mengangkat beban - secara signifikan mengurangi gejala depresi seperti suasana hati yang rendah, kehilangan minat dalam kegiatan, dan perasaan tidak berharga.

-Yoga
Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan oleh Boston University menemukan bahwa orang dengan depresi klinis yang mengikuti kelas yoga dua hingga tiga kali seminggu melaporkan tingkat ketenangan, kepositifan, kelelahan fisik yang lebih tinggi, serta peningkatan gejala kecemasan dan depresi. Ada banyak jenis yoga yang berbeda, dan mudah untuk mulai belajar pose yoga sendiri di rumah.

Secara keseluruhan, sebenarnya tidak ada satu jenis olahraga tertentu yang paling efektif untuk menghilangkan gejala depresi dan mengurangi stres - itu adalah apa pun yang bekerja untuk Anda.

"Saya pikir orang sering terlalu terpaku pada program olahraga yang sempurna. Orang-orang sibuk. Program latihan sulit untuk diikuti," kata Fry. "Pesan saya kepada orang-orang adalah: jenis latihan terbaik adalah latihan yang benar-benar akan Anda lakukan. Temukan jenis olahraga yang Anda sukai dan lakukan itu."

Sumber : Bisnis.com