Ini Pilihan Bisnis bagi yang Suka Traveling

Ilustrasi - Reuters
07 Mei 2020 09:07 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harian Jogja.com, JAKARTA – Tak ada salahnya jika Anda yang suka traveling ingin sekaligus menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Berbagai pilihan bisnis tersedia.

Apalagi di era digital saat ini, cukup banyak ide bisnis yang bisa Anda jalankan sambil jalan-jalan ke kota atau negara impian, seperti dikutip dari Business News Daily:

1. Asisten Pribadi

Beberapa orang, seperti politisi dan selebriti, membutuhkan asisten pribadi. Biasanya para asisten ini akan ikut bepergian dengan atasan mereka, apakah akan melakukan traveling, menjadi pembicara, atau berpergian untuk urusan bisnis. Jika organisasi, manajemen waktu, dan penyelesaian masalah adalah keahlian utama Anda, buatlah agensi Anda sendiri. Asisten pribadi biasanya mengatur perjalanan dan akomodasi, mengatur jadwal, menjalankan tugas, dan berkoordinasi dengan anggota staf lainnya.

2. Travel Blogger

Jika Anda suka menulis dan fotografi, buatlah blog yang berisi berbagai keindahan lokasi wisata. Semakin banyak yang membaca maka blog perjalanan tersebut bisa menjadi tiket Anda untuk berwisata ke beberapa Negara impian.

Blogger sering membuat panduan yang bermanfaat, menjelajahi kota-kota baru, mengambil foto yang menarik, dan memberikan rekomendasi dan tips di situs web mereka. Sebelum Anda terjun, pahamilah bahwa menjadi seorang blogger mungkin bisa menjadi sulit dan menghabiskan waktu.

Akan dibutuhkan beberapa tahun sebelum Anda menghasilkan uang dari blog tersebut, tetapi ketika Anda telah melakukannya, maka Anda akan dibayar untuk berkeliling dunia dan menulis tentang berbagai keindahan lokasi wisata yang dikunjungi.

Namun, jika Anda tidak ahli dalam menulis tetapi lihai dalam menerangkan melalui kamera, cobalah untuk menjadi vlogger dengan memanfaatkan kanal youtube. Ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan karena Anda dapat berjalan-jalan sambil berkeliling dunia mengunjungi tempat-tempat wisata terbaik, sekaligus bisa menghasilkan uang.

3. Influencer media sosial

Jika Anda memiliki banyak follower, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tetap melalui pos dan gambar yang disponsori. Banyak merek yang menggunakan influencer untuk mengiklankan produk mereka. Beberapa merek bahkan akan membayar influencer media sosial untuk menghadiri acara mereka atau tinggal di resort mereka sebagai imbalan untuk mendokumentasikan pengalamannya di akun media sosial.

4. Agen perjalanan

Agen perjalanan membantu orang merencanakan liburan dan perjalanan di seluruh dunia. Jika ada negara atau kota yang Anda suka kunjungi, maka Anda dapat membuat rekomendasi kepada orang lain yang ingin melihat lebih dan melakukan lebih banyak aktivitas di wilayah tersebut. Anda dapat memulai bisnis kecil-kecilan sebagai agen perjalanan atau bisa juga melalui agen waralaba tergantung pada anggaran yang dimiliki.

5. Fotografer

Ketika Anda memiliki keahlian fotografi maka Anda memiliki kesempatan yang sangat besar untuk bisa bepergian. Karena seorang fotografer mampu menangkap keindahan berbagai lokasi wisata yang tentunya sangat dicari oleh berbagai pihak.

Selain itu, Anda juga dapat menjual foto-foto tersebut ke penerbit, perusahaan, atau sebagai karya seni. Anda juga dapat menjadi ahli dalam jenis fotografi tertentu, misalnya fotografer yang ahli dalam memotret candid, fotografi keluarga atau fotografi pernikahan.

Sumber : bisnis.com