Rutin Yoga, 7 Hal Ini Bisa Kamu Peroleh

Ilustrasi. - Reuters
09 Mei 2020 02:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Yoga merupakan olahraga yang dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Yoga juga menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

Mengutip dari The List dilansir Suara.com-jaringan Harianjogja.com, berikut adalah hal-hal yang terjadi pada tubuh kita saat kita menjalani yoga setiap hari:

1. Sistem imun meningkat

Di tengah pandemi Covid-19 ini, meningkatkan sistem imun sangatlah penting untuk mencegah penularan virus corona. Merutinkan yoga setiap hari bisa meningkatkan sistem imun, menurut guru yoga dan nutrisionis Katie Boyd.

Gerakan yoga bekerja lebih dalam pada sistem saraf parasimpatetik yang membantu kita istirahat dan mencerna makanan, dan bekerja lebih ringan dalam sistem saraf simpatetik yang mengaktifkan mekanisme respons lawan atau kabur.

"Mekanisme ini yang menyebabkan respons stres dan inflamasi yang secara dramatis menurunkan sistem imun," jelas Katie.

2. Fokus semakin tajam

Bekerja dari rumah membuat Anda sulit fokus? Cobalah merutinkan yoga. Beberapa gerakan yoga asana membutuhkan pengembangan diri dan loyalitas.

Rutin melakukan latihan yoga asana bisa memberi Anda fokus tingkat tinggi dan dedikasi pada area lain dalam hidup Anda karena Anda melatih pikiran untuk meraih tujuan.

3. Tubuh lebih kuat

Latihan yoga setiap hari bisa membuat tubuh Anda bugar dan kuat karena yoga menggunakan kekuatan tumpuan berat badan untuk menguatkan kelompok otot mayor tubuh.

Yoga adalah cara terbaik untuk melatih otot tanpa menggebu-gebu, memukul, atau mengangkat beban berat yang bisa membuat Anda berisiko cedera.

4. Rasa cemas menjauh

Rasa cemas dan khawatir mudah timbul di tengah pandemi, di mana kita sekarang terisolasi di dalam rumah masing-masing. Agar tak menjadi stres, cobalah lawan dengan melatih yoga setiap hari.

Melatih yoga setiap hari dapat menurunkan rasa cemas karena Anda tetap fokus pada masa sekarang dan tidak mengkhawatirkan apa yang akan terjadi nantinya, menjauhkan Anda dari bahaya overthinking.

5. Berat badan turun

Salah satu bahaya yang bisa terjadi saat berada di rumah aja adalah naiknya berat badan akibat konsumsi makanan yang tidak terkendali.

Jaga berat badan Anda tetap ideal dengan melakukan latihan yoga setiap hari. Gerakan-gerakannya akan membantu membakar kalori dan menurunkan kadar hormon kortisol dalam aliran darah yang membuat Anda melakukan 'emotional eating'.

6. Tidur lebih nyenyak

Sulit tidur menjadi salah satu keluhan yang sering muncul di tengah pandemi saat ini. Untuk memperbaikinya, Anda bisa melakukan yoga setiap hari.

Yoga membantu mengembalikan ritme sirkadian alami dan keseimbangan tubuh. Sekaligus mengembalikan kualitas tubuh menjadi lebih baik.

7. Jantung lebih sehat

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia dan juga salah satu faktor risiko dari virus corona Covid-19. Latihan yoga yang lembut menenangkan arteri dan membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat menurunkan tekanan darah selama dua hingga tiga bulan.

Sumber : Suara.com