Paru-Paru Pria di Wuhan Ini Kolaps usai Jogging 4 Km Pakai Masker

Ilustrasi olahraga lari - Reuters
14 Mei 2020 09:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, WUHAN - Usai jogging sejauh 4 km menggunakan masker di wajah, paru-paru seorang lelaki di China mengalami kolaps dan harus segera dioperasi. 

Lelaki ini berasal dari Wuhan, China, yang menjadi pusat penyebaran virus Corona penyebab Covid-19 yang kini menjadi pandemi di seluruh dunia. Dalam sebuah pernyataan, Wuhan Central Hospital menyebut lelaki berusia 26 tahun tersebut mengeluhkan adanya nyeri dada dan sesak napas pada Kamis (7/5/2020) lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan, dokter menemukan paru-paru sebelah kirinya terkompres sebanyak 90% dan jantungnya berpindah ke sisi kanan tubuhnya.

Paru-paru kolaps atau secara medis disebut sebagai pneumothoraks, terjadi saat udara bocor ke luar paru-paru, demikian dilaporkan Fox News dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com.

Pasien tersebut menjalani operasi dan kini sedang berada dalam kondisi stabil. Pihak berwenang percaya bahwa kondisi membahayakan tersebut terjadi karena lelaki itu menggunakan masker wajah saat berlari.

Pihak rumah sakit mengatakan bahwa lelaki tersebut mulai lari sejak dua minggu lalu. Secara perlahan ia menambah jarak tiap kali keluar untuk jogging.

Disebutkan ia selalu menggunakan masker setiap kali jogging karena keparahan penyebaran Covid-19 yang terjadi di Wuhan.

Pada hari Kamis, ia menghentikan larinya karena mulai merasa sesak napas dan kemudian kembali pulang ke rumah. Tak lama kemudian ia dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya memburuk.

Cheo Baojun, direktur departemen bedah thoraks di Wuhan mengatakan lelaki tersebut memang sejak awal sudah rentan akan pneumothoraks spontan sebab ukuran tubuhnya yang kurus dan jangkung.

Sumber : Fox News, Suara.com