Advertisement

Saat Pandemi Covid-19, Wartawan Rentan Depresi Dibanding Tenaga Kesehatan

Agne Yasa
Sabtu, 16 Mei 2020 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Saat Pandemi Covid-19, Wartawan Rentan Depresi Dibanding Tenaga Kesehatan Pasien virus corona - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kesehatan mental para wartawan turut terkena dampak dari pandemi Covid-19. Sebanyak 45,92% wartawan mengalami gejala depresi dan 57,14% wartawan mengalami kejenuhan.

Hal tersebut terungkap dalam hasil monitoring dampak pandemi Covid-19 terhadap situasi psikososial profesi wartawan yang dilakukan oleh Center for Economics and Development Studies (CEDS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran.

Advertisement

"Terdapat 45,92 persen wartawan yang memiliki gejala depresif. Jauh lebih tinggi dari tenaga kesehatan yaitu 28 persen," tulis laporan hasil monitoring CEDS FEB Unpad tersebut, Sabtu (16/5/2020), dikutip dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com.

Tim Peneliti CEDS FEB Unpad juga mencatat wartawan yang masih keluar rumah untuk meliput berita lebih banyak mengalami gejala depresif yaitu 26,53%.

Dimana kelompok ini memiliki peluang 1,65 kali mengalami gejala depresif dibandingkan wartawan yang tidak keluar rumah untuk meliput berita.

Selain itu, hasil survei tersebut juga mengungkapkan terdapat 57,14% wartawan yang mengalami kejenuhan umum.

Namun, bagi wartawan yang tidak keluar rumah untuk meliput berita lebih banyak mengalami kejenuhan yaitu sebanyak 33,67%. Kelompok ini memiliki peluang 2,58 kali mengalami kejenuhan dibandingkan wartawan yang keluar rumah untuk meliput berita.

Dalam kajian ini, tim CEDS Unpad merupakan kerja sama antara Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran.

Survei dilakukan pada 98 responden wartawan yang mayoritas yaitu 84,7% berlokasi di Pulau Jawa. Adapun pengumpulan data dilakukan secara daring pada 2-10 April 2020.

Peneliti dari CEDS FEB Unpad Riki Relaksana mengatakan survei dilakukan setelah satu bulan adanya kasus pertama Covid-19.

"Diperlukan monitoring terus-menerus untuk memantau perkembangan kesehatan mental para wartawan dan profesi lain yang terdampak," ujar Riki kepada Bisnis, Sabtu (16/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement