Advertisement

Begini Cara Melepas Masker yang Benar

Krizia Putri Kinanti
Jum'at, 22 Mei 2020 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Melepas Masker yang Benar Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Keberadaan virus Corona penyebab Covid-19 yang belakangan masih mewabah di hampir seluruh negara di dunia ini membuat manusia harus bersinggungan dengan masker. 

Mengenakan masker sering membantu orang merasa terlindungi dan diyakinkan. Namun, bisakah masker bedah mencegah Anda dari terpapar atau menularkan penyakit menular tertentu?

Advertisement

Dan, jika masker wajah benar-benar melindungi Anda dari penyakit menular, seperti Covid-19, adakah cara yang tepat untuk memakainya, melepasnya, dan membuangnya? Teruslah membaca untuk mencari tahu.

Apa itu masker wajah bedah?

Masker bedah adalah masker yang longgar dan sekali pakai yang berbentuk persegi panjang. Topeng ini memiliki tali atau ikatan elastis yang dapat dililitkan di belakang telinga Anda atau diikat di belakang kepala untuk menahannya. Strip logam mungkin ada di bagian atas topeng dan bisa dijepit agar pas dengan masker di sekitar hidung Anda.

Masker bedah tiga lapis yang dipakai dengan benar dapat membantu memblokir transmisi mikroorganisme partikel besar dari tetesan, semprotan dan cipratan. Masker juga dapat mengurangi kemungkinan kontak langsung.

Kapan sebaiknya Anda memakai masker wajah? Sumber Terpercaya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan masker bedah hanya jika Anda:

Mengalami demam, batuk, atau gejala pernapasan lainnya. Baik-baik saja tetapi merawat seseorang dengan penyakit pernafasan - dalam hal ini, pakailah masker ketika Anda berada dalam jarak 6 kaki atau lebih dekat dengan orang yang sakit

Meskipun masker bedah membantu menjebak tetesan pernapasan yang lebih besar, masker bedah tidak dapat melindungi Anda dari tertular virus corona baru, yang dikenal sebagai SARS-CoV-2. Itu karena masker bedah:

Saat ini, Sumber Terpercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak merekomendasikan bahwa masyarakat umum memakai masker bedah atau respirator N95 untuk melindungi dari penyakit pernapasan seperti COVID-19. Penyedia layanan kesehatan dan responden pertama membutuhkan persediaan ini, dan saat ini ada kekurangan.

Namun, dalam kasus Covid-19, CDC tidak menyarankan masyarakat umum untuk mengenakan masker kain untuk mencegah penyebaran penyakit. CDC juga menyediakan Instruksi Sumber terpercaya tentang cara membuatnya sendiri.

Penting untuk membuka masker wajah dengan benar untuk memastikan Anda tidak mentransfer kuman ke tangan atau wajah Anda. Anda juga ingin memastikan Anda membuang masker dengan aman.

Langkah-langkah untuk melepas masker wajah dikutip dari healthline.com:

1. Sebelum Anda melepas masker, cuci tangan Anda dengan baik atau gunakan pembersih tangan.

2. Hindari menyentuh masker itu sendiri, karena dapat terkontaminasi. Pegang hanya pada loop atau tali.

3. Lepas masker dari wajah Anda dengan hati-hati.

Setelah melepas masker, cuci tangan Anda dengan bersih atau gunakan pembersih tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement