Ahli Kesehatan: Orang Berdaya Tahan Tubuh Bagus, Berpeluang Sembuh dari Covid-19

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
09 Juni 2020 08:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Vitalitas ataupun daya tahan tubuh menjadi salah satu faktor penentu kesembuhan pasien dari Corona Virus Disease (Covid-19). Masyarakat yang mempunyai daya tahan tubuh yang bagus, berpeluang besar sembuh dari Covid-19. Hal tersebut disampaikan Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra. 

"Kesembuhan pasien dari Covid-19 erat kaitannya dengan daya tahan tubuh, semakin bagus vitalitas, daya tahan tubuh, semakin cepat pemulihan dan kesembuhan," kata Hermawan kepada Okezone, Senin (8/6/2020).

Lebih lanjut, kata Hermawan, orang yang punya komorbid (penyakit bawaan) seperti jantung, hipertensi, ataupun sesak nafas, biasanya cenderung lebih rentan ketimbang yang daya tahan tubuhnya kuat. Oleh karenanya, kebanyakan pasien Covid-19 yang meninggal mempunyai komorbid.

"Pada orang-orang dengan penyakit penyerta (komorbid) apalagi dengan orang usia lanjut justru akan memperparah dan memperberat kasusnya," ujarnya.

Banyak kasus, dikatakan Hermawan, yang mengungkap bahwa usia produktif daya tahan tubuhnya lebih kuat dibanding golongan usia rentan. Ia mengingatkan agar usia produktif leboh bisa menjaga diri agar tidak menularkan virus corona ke golongan yang sudah tidak produktif.

"Terkait adanya Orang Tanpa Gejala (OTG) itu memang karena orang usia produktif antara 15 sampai 45 tahun itu vitalitasnya tinggi, daya tahannya, tetapi dia bisa membawa penyakit, dia bisa membawa virus, nah virus ini kalau menular ke orang tua, orang yang rentan, atau balita itu maka akan kemungkinan akan terjadi kesakitan, bahkan bisa sampai kematian," bebernya.

Sekadar informasi, tren pasien yang sembuh dari Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Tercatat, pasien sembuh di Indonesia tertanggal 8 Juni 2020, sudah mencapai angka 10.904. Ada peningkatan sebanyak 406 orang yang sembuh pada 8 Juni 2020.

Angka kesembuhan pasien tersebut jauh lebih tinggi ketimbang yang meninggal. Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, total ada 1.883 orang yang meninggal. Hingga 8 Juni 2020, ada kenaikan angka 32 orang yang meninggal.

Berita ini sudah tayang di Okezone.com dengan judul Daya Tahan Tubuh Kuat Mempercepat Pasien Sembuh dari Corona

Sumber : Okezone