Advertisement

Tips dari Farah Quinn, Ini yang Sebaiknya Dilakukan dan Jangan Dilakukan Saat Makan di Hotel

Nina Atmasari
Selasa, 09 Juni 2020 - 17:47 WIB
Nina Atmasari
 Tips dari Farah Quinn, Ini yang Sebaiknya Dilakukan dan Jangan Dilakukan Saat Makan di Hotel Menu buka puasa di Swiss-Belboutique Yogyakarta. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Selain menyediakan fasilitas kamar, hotel juga menyediakan fasilitas makan, baik sarapan sebagai fasilitas pelengkap saat menginap, maupun makan khusus di restoran hotel tersebut.

Saat makan di hotel, ada hal-hal yang sebaiknya diperhatikan. Tujuannya, selain agar tidak salah mengambil alat atau melakukan tata cara makan, juga aga tidak mempermalukan diri kita saat di tempat umum.

Advertisement

Nah, apa yang sebaiknya dilakukan (do) dan tidak dilakukan (don't) saat makan di hotel. Chef sekaligus selebriti Farah Quinn membagikannya melalui akun Youtube-nya.

Do: Saat tiba di restoran hotel biasanya langsung diarahkan ke meja untuk kita dan kita bisa memesan minum. Setelah kebagian waktu untuk mengambil makanan, sebaiknya kelilingi meja dan lihat ada makanan apa saja di meja, baru memutuskan untuk mengambil makanan yang mana.
Don't: Jangan langsung mengambil makanan yang pertama dilihat di meja, sebab bisa jadi setelahnya, ternyata kita melihat teman makan kita mengambil makanan lain yang ternyata kita inginkan, tapi perut kita sudah penuh makanan yang kita ambil pertama. Jangan penuhi piring dengan makanan yang pertama kali dilihat, tetapi ambil makanan sedikit-sedikit saja.

Do: Pastikan apapun yang diambil dari makanan yang disajikan dengan menggunakan piring yang bersih. Piring yang sudah kita pakai, jangan digunakan lagi untuk mengambil makanan.
Don't: Jika ada orang sedang mengambil makanan, jangan ikut mengambil makanan yang sama secara bersamaan. Tunggu sampai ia selesai dan tiba gilirannya kita setelahnya.

Do: Jika bingung dengan makanan, segera ambil keputusan untuk mengambil atau tidak, apalagi jika ada antrean tamu lain. Sebaiknya putuskan mengambil makanan dengan jumlah sedikit, jika ternyata kita menyukainya, kita bisa mengambil lagi nanti.
Don't: Jangan pernah malu untuk bertanya tentang menu pada petugas dan cheff, termasuk makanan apa yang sebaiknya dicampurkan untuk pelengkapnya, menggunakan mangkuknya mana, bahkan jangan malu meminta tolong pelayan membawakan makanan ke meja.

Do: Makanlah secara bertahap. Misalnya, ada orang yang suka memulai pagi dengan minum kopi. Farah Quenn sendiri mengungkapkan ia biasanya memulai menu pagi dengan fresh juice, dilanjutkan dengan makanan asin kemudian menu utama.
Don't: Jangan pernah menyentuh makanan di meja buffet dengan tangan. Selalu ada utensils seperti sendok, pisau, bahkan napkin (serbet) untuk memegang roti yang harus dipotong. Jangan lupa, jika mengajak anak-anak, peringatkan mereka tentang hal ini.

Do: Semua alat yang digunakan untuk mengambil makanan, kembalikan ke tempat semula. Jika kita beranjak dari tempat duduk, letakkan alat-alat dengan posisi yang tepat seperti meletakkan serbet di tempat duduk. Jika makanan di piring belum selesai, letakkan pisau dan garpu dengan arah keluar sehingga pelayan tidak akan mengambilnya.
Don't: Kalau terasa hendak bersin atau batuk, alihkan wajah sejauh mungkin dari makanan yang disajikan. Jangan membuat makanan menjadi kotor.

Do: Walaupun ini buffet, tinggalkan tips saat membayar
Don't: Ingat, di sistem buffet, kalau ada sisa, jangan pernah membungkusnya untuk dibawa pulang.

Bagaimana, sudah siap untuk makan di hotel?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement