Advertisement

Dokter Reisa Bagikan Tips Aman Bertransportasi Umum di Tengah Pandemi

Newswire
Kamis, 11 Juni 2020 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dokter Reisa Bagikan Tips Aman Bertransportasi Umum di Tengah Pandemi Dokter Reisa Broto Asmoro. - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dokter Reisa Broto Asmoro selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Penanganan Covid-19, memberikan arahan agar aman dari Covid-19 saat menggunakan transportasi umum.

Sebab, new normal di Indonesia kini sudah dimulai yang berarti aktivitas perkantoran, pusat perbelanjaan hingga layanan publik sebagian kini sudah mulai aktif.

Advertisement

Dikatakan dr Reisa, syarat utamanya adalah dengan menggunakan masker kain tiga lapis selama perjalanan dan menghindari kerumunan.

"Wajib semua orang menggunakan masker, terutama ketika menggunakan transportasi umum, hindari kerumunan yang membatasi ruang gerak. Ingat jaga jarak tadi yang aman minimal 1 meter dari orang lain," ujar dr Reisa dalam video telenconference di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (10/6/2020).

Ia mengatakan jika jaga jarak tidak mungkin untuk bisa dilakukan dan sulit, maka pastikan selalu menghindari memegang benda-benda yang banyak disentuh orang.

"Jika hal ini tidak dapat dilakukan pertimbangkan untuk menggunakan transportasi lain, hindari memegang gagang pintu, tombol lift, pegangan tangga atau barang-barang yang disentuh oleh orang banyak," terangnya.

Jika pun dalam keadaan terpaksa menyentuh benda-benda tersebut, maka pastikan memastikan kebersihan tangan dengan menyediakan perbekalan hand sanitizer, atau rajin mencuci tangan di fasilitas terdekat.

"Kalau terpaksa, maka harus langsung cuci tangan apabila tidak memungkinkan gunakan air dan sabun, maka dapat menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 70 persen," paparnya.

"Hindari meletakkan barang-barang bawaan atau tas di kursi atau lantai transportasi umum, hindari menggunakan telepon genggam di tempat umum terutama apabila berdesakan dengan orang lain sehingga tidak bisa menjaga jarak aman," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Belum Genap Empat Bulan, Pendapatan Retribusi Parkir Gunungkidul Tembus Rp474 Juta

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement