Pakai 5 Aplikasi Ini, Suasana Bersepeda Bakal Semakin Asyik

Bersepeda - Istimewa
15 Juni 2020 11:57 WIB Rezha Hadyan Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tak dimungkiri jika di masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan bersepeda semakin digandrungi banyak orang di Indonesia. 

Barisan pesepeda yang ikut meramaikan jalanan, terutama di pagi dan sore hari bukan lagi pemandangan yang aneh. Demikian halnya, toko sepeda yang diserbu pembeli hingga kehabisan stok.

Sepeda bukan lagi sekadar alat transportasi, tetapi lebih dari itu. Bersepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Pandemi Covid-19 yang mewabah sejak beberapa bulan lalu di Tanah Air membuat masyarakat melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Salah satunya tentu dengan bersepeda.  

Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) memang menganjurkan masyarakat untuk bersepeda saat harus bepergian dalam jarak yang tak begitu jauh, alih-alih menggunakan angkutan umum. Selain untuk menghindari kontak fisik selama perjalanan, bersepeda selama kurang lebih 30 menit dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika memang demikian faktanya, tentu tak ada salahnya Anda untuk memulai bersepeda. Terlebih saat ini tersedia berbagai aplikasi pendukung aktivitas tersebut yang bisa dipasang di ponsel pintar Anda.

Aplikasi tersebut dapat memudahkan anda mencatat jarak tempuh, menentukan rute perjalanan, menghitung kalori yang terbakar selama bersepeda, dan masih banyak fitur lainnya. Berikut adalah aplikasi yang bisa dicoba untuk mendukung aktivitas bersepeda Anda.

1 Cycle Meter

Cycle Meter merupakan aplikasi pendukung aktivitas bersepeda yang cukup populer. Tampilan antarmuka penggunanya sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini seperti aplikasi pendukung aktivitas bersepeda atau olahraga lainnya, beroperasi dengan dukungan global positioning system (GPS) untuk mengukur pergerakan.

Aplikasi ini pada awalnya hanya tersedia di Apple Play Store atau khusus untuk perangkat berplatform iOS saja. Namun, dalam perkembangannya aplikasi ini akhirnya dihadirkan untuk perangkat Android di Google Play Store.

Cycle Meter pada dasarnya adalah aplikasi berbayar. Untuk menikmati seluruh fitur yang ditawarkan Anda harus membayar biaya berlangganan Rp139.000 per tahun. Jika Anda enggan membayar biaya berlangganan tentu fitur yang bisa dinikmati hanya fitur dasar berupa pencatatan kecepatan, rute perjalanan, dan berapa kalori yang berhasil di bakar lewat aktivitas bersepeda.

Beberapa fitur yang hanya tersedia di versi berbayar Cycle Meter adalah informasi ketinggian atau elevasi rute, kondisi lalu lintas, pencatatan suhu udara, pencatatan akumulasi aktivitas dalam kurun waktu tertentu, panduan suara, dan yang paling penting tidak ada gangguan iklan.

cycle meter

2. Map My Ride

Sama seperti Cycle Meter, Map My Ride juga menghadirkan fitur dasar berupa pencatat jarak yang telah ditempuh, kecepatan, serta rute yang dilalui. Kemudian ada pula fitur pencatat jumlah kalori yang terbakar selama bersepeda.

Aplikasi yang bisa Anda unduh di Apple App Store dan Google Play Store ini mampu mencatat sampai dengan 600 perjalanan. Seluruh pencatatan tersebut kemudian diakumulasi dan dihitung untuk menampilkan tinjauan bagaimana kebiasaan Anda selama bersepeda. Tentunya fitur ini dibutuhkan bagi Anda yang bersepeda dengan target tertentu untuk mencapai berat badan ideal atau tujuan lainnya.

map my ride

3. Urban Biker

Urban Bike adalah aplikasi bersepeda yang dikhususkan bagi Anda yang bersepeda di jalanan beraspal mulus menggunakan road bike. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga berfungsi mencatat data perjalanan berupa jarak tempuh, kecepatan, dan rute yang dilalui. Termasuk pula ketinggian atau elevasi dari rute yang dilalui.

Aplikasi yang tersedia di Apple AppStore dan Google Play Store ini juga menghadirkan fitur pencatat kemajuan bersepeda Anda dalam kurun waktu tertentu. Jadi, Anda bisa mengetahui sejauh mana perkembangan aktivitas bersepeda Anda untuk menyusun target selanjutnya.

Urban Biker juga memiliki fitur unik berupa suara bel yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti bel yang biasanya terpasang di stang. Selain itu yang tak kalah menarik adalah lampu flash pada kamera ponsel Anda juga bisa difungsikan sebagai pengganti lampu depan lewat aplikasi ini. Tentunya jika ponsel pintar Anda diletakkan di stang sepeda.

uran biker

4. CATEYE Cycling ™

CATEYE Cycling ™ merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pabrikan aksesoris sepeda asal Jepang, CatEye Co. Ltd. Aplikasi yang tersedia di Apple AppStore dan Google Play Store ini juga bisa Anda integrasikan dengan aksesoris komputer mini besutan CatEye Co. Ltd menggunakan teknologi Bluetooth SMART atau Bluetooth Low Energy (LE).

CATEYE Cycling ™ dapat digunakan untuk merekam data perjalanan atau informasi rute yang Anda lalui. Kemudian Anda juga bisa mengunggahnya ke situs situs CatEyeAtlas ™, Strava ™ dan TrainingPeaks ™ untuk keperluan pembaruan basis data.

Bagi Anda yang sedang berupaya mengurangi berat badan dengan bersepeda, jangan khawatir karena CATEYE Cycling ™ juga bisa digunakan untuk menghitung berapa banyak kalori yang berhasil dibakar selama bersepeda. Fitur tersebut juga didukung oleh pengukur denyut jantung yang bisa digunakan untuk memutuskan kecepatan dan kapan waktu istirahat yang tepat.

Terakhir, CATEYE Cycling ™ dapat digunakan untuk menyetel aksesoris berupa komputer mini pencatat aktivitas bersepeda Anda. Pada beberapa produk terbaru, Anda bisa menampilkan berbagai notifikasi dari ponsel pintar ke perangkat tersebut. Notifikasi yang bisa ditampilkan mulai dari panggilan telepon, pesan masuk, surat elektronik (surel) masuk, hingga notifikasi dari aplikasi lainnya.

cateye cycling

5. Bike Gear Calculator

Berbeda dengan keempat aplikasi sebelumnya, Bike Gear Calculator merupakan aplikasi untuk menentukan spesifikasi sepeda yang tepat bagi Anda berdasarkan medan yang dilalui. Aplikasi ini juga dapat dijadikan panduan sebelum memodifikasi atau menambah komponen sepeda yang Anda miliki tergantung pada jenisnya, mulai dari roadbike, mountain bike (MTB), BMX, hingga sepeda lipat.

Komponen tersebut berupa ukuran ban beserta jumlah gir dan rantai yang bisa digunakan dan ukurannya. Aplikasi yang tersedia di Apple Play Store dan Google Play Store ini tak boleh luput bagi Anda yang akan merakit sepeda dengan komponen yang sesuai dengan keinginan.

Lalu, tunggu apa lagi lekas unduh aplikasi tersebut dan keluarkan sepeda Anda. Kemudian alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan tempat menaruh ponsel pintar atau bracket khusus di stang sepeda. Usahakan bracket yang Anda gunakan dapat meredam guncangan dengan baik untuk menghindari jatuhnya ponsel pintar Anda selama bersepeda.

Terakhir, tetap perhatikan kondisi sekitar. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan memaksakan diri apabila kondisi tubuh Anda tidak memungkinkan.

bike gear calculator

Sumber : Bisnis.com