Advertisement

Ikuti Cara Ini untuk Atasi Depresi

Desyinta Nuraini
Senin, 15 Juni 2020 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ikuti Cara Ini untuk Atasi Depresi Ilustrasi depresi - Reuters/Brendan McDermid

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Terlalu lama di rumah sehingga tidak bisa berekreasi atau mencari hiburan yang lain karena pandemi Covid-19, bisa menyebabkan seseorang stres bahkan depresi.

Untuk mengatasinya, mereka yang mengalami depresi perlu aktif dalam menjalani perawatan, walaupun kerap merasa ragu pengobatan akan membantu menghilangkannya. Namun percayalah, itu menjadi solusi agar bisa mengendalikan diri Anda kembali. Apalagi depresi diketahui sangat buruk bagi kesehatan.

Advertisement

Berikut tips perawatan depresi dilansir dari Web MD-, Senin (15/6/2020):

1. Tetap jalani terapi

Terapi juga butuh waktu, tapi jangan putus asa. Ketika orang yang depresi mendapatkan obat yang tepat, pada dosis yang tepat, dan meminumnya cukup lama, pengobatan berhasil sekitar 70 persen. Tetapi Anda dan dokter terkadang perlu mencoba beberapa perawatan sebelum melakukan terapi yang tepat.

2. Minumlah obat sesuai resep

Kebiasaan baik itu penting. Minumlah obat pada waktu yang sama setiap hari. Lebih mudah diingat jika Anda melakukannya bersama dengan aktivitas lain, seperti menyikat gigi, sarapan, atau tidur. Dapatkan kotak pil mingguan, yang akan memudahkan Anda melihat jika Anda melewatkan dosis.

3. Jangan pernah berhenti minum obat tanpa izin dokter

Jika Anda perlu berhenti minum obat karena suatu alasan, dokter mungkin mengurangi dosis secara bertahap. Jika Anda berhenti tiba-tiba, Anda mungkin memiliki efek samping. Menghentikan pengobatan secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan depresi kembali.

Jangan berasumsi bahwa Anda dapat berhenti minum obat ketika Anda merasa lebih baik. Banyak orang membutuhkan perawatan berkelanjutan bahkan ketika mereka merasa baik-baik saja. Ingat, jika Anda merasa baik sekarang, itu mungkin karena obat Anda bekerja.

4. Buat perubahan gaya hidup

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk melengkapi terapi. Makan makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, makanan rendah gula dan lemak. Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang, yang dapat menyebabkan atau memperburuk depresi dan mengganggu efek obat-obatan yang mengobati depresi. Pastikan untuk tidur nyenyak. Ikuti rutinitas terstruktur harian reguler.

Jangan berbaring di tempat tidur di siang hari atau biarkan diri Anda tidur siang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu gejala depresi. Cobalah berjalan-jalan di sekitar lingkungan dengan seorang teman. Selanjutnya berolahraga setidaknya sehari dalam seminggu.

5. Kurangi stres di rumah dan di tempat kerja

Minta bantuan dengan beberapa hal yang membuat Anda stres. Lihat apakah teman atau keluarga Anda akan mengurus beberapa masalah sehari-hari, seperti pekerjaan rumah tangga. Jika pekerjaan Anda membuat Anda stres, cari cara untuk mengurangi beberapa tugas Anda.

6. Jujur

Orang  terkadang tidak nyaman membicarakan topik sensitif seperti fungsi seksual, efek samping penggunaan narkoba, dosis obat yang hilang, atau pikiran untuk bunuh diri. Tetapi berbagi kekhawatiran seperti itu secara terbuka dengan dokter atau terapis dapat membantu mengurangi kadar stress atau depresi.

7. Terbuka untuk ide-ide baru

Dokter mungkin memiliki saran yang terdengar aneh. Dia mungkin mendorong Anda untuk melakukan hal-hal yang terasa canggung atau tidak nyaman. Tetapi cobalah untuk tetap terbuka. Cobalah pendekatan baru.

8. Jangan menyerah

Anda mungkin merasa putus asa saat ini. Anda mungkin merasa tidak pernah menjadi lebih baik. Tetapi merasa seperti itu adalah gejala dari kondisi Anda. Jika Anda memberi diri Anda waktu dan membiarkan pengobatan berjalan, Anda akan merasa lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement