Cari Duit di Masa Pandemi Covid-19, Ini Dia Beberapa Caranya

Ilustrasi iklan digital - Bisnis.com
22 Juni 2020 17:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi dunia terguncang, penghasilan masyarakat menurun drastis, bahkan banyak kehilangan pekerjaannya. Di masa sulit seperti sekarang ini tentu banyak masyarakat yang mencoba mencari pemasukan tambahan dengan modal seminim mungkin. Berikut beberapa cara mendapatkan uang dari Internet untuk pemula yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Freelance

Saat ini sudah banyak situs yang menawarkan pekerjaan freelance untuk berbagai jenis skill seperti menulis, menerjemahkan, desain dan lain-lain. Sebut saja Fiverr, Sribulancer, Upwork dan masih banyak lagi. Lewat situs ini, Anda bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill Anda dan mendaftar untuk pekerjaan tersebut.

2. Blogging

Blogging bisa saja berawal dari hobi dan berkembang menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Saat ini sudah banyak blogger profesional yang mendapatkan uang dari Internet, baik dari iklan dan monetisasi, review produk dan lain-lain.

3. Isi survei online

Saat ini ada beberapa situs yang menawarkan survei online berbayar. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang ingin mengetahui opini tentang produk terbaru mereka. Tapi Anda harus berhati-hati karena ada beberapa layanan yang meminta detail rekening bank terlebih dahulu saat pendaftaran. Jika ragu dengan keamanan dan reputasi situs yang ingin Anda gunakan, sebaiknya riset lebih dalam lagi.

4. Tutor online

Jika Anda ahli di mata pelajaran tertentu, Anda bisa menjajal jadi tutor online. Dengan cara ini, Anda bisa membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah mereka secara online. Saat ini layanan les online seperti Ruang Guru dan Quipper banyak membuka lowongan untuk tutor online. Kalau memang sudah jago, Anda bisa mendapatkan uang dari Internet tanpa modal apa-apa kecuali keahlian yang Anda miliki.

5. Buat web sendiri

Jika ingin naik kelas dari blogging, Anda bisa mencoba untuk membuat web sendiri. Isi web Anda bisa bermacam-macam, tergantung dari relevansi dan ketertarikan Anda. Jika web Anda sudah jadi, daftarkan ke Google AdSense agar bisa mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di web Anda. Semakin banyak orang yang mengunjungi web Anda, maka semakin besar potensi Anda untuk mendapat uang yang banyak dari Google.

6. Youtuber

Kalau lebih percaya diri di depan kamera, Anda bisa membuat akun Youtube dan membahas topik menarik. Jangan lupa pula daftarkan kanal Anda ke Google AdSense. Semakin banyak subscriber dan orang yang menonton video kalian, semakin banyak uang yang bisa kalian raih.

7. Afiliasi

Jika web kalian sudah berjalan, coba ikuti program afiliasi yang ditawarkan oleh perusahaan. Cara ini memungkinkan perusahaan untuk menyematkan tautan produk mereka ke situs kalian. Jika produk tersebut diklik dan dibeli oleh pengunjung situs kalian, kalian bisa mendapatkan uang.

8. Jual stok foto

Kalau Anda punya hobi fotografi, Anda bisa menjual hasil jepretan sebagai stok foto di situs-situs seperti Shutterstock, Flickr, Unsplash dan lain-lain.

9. Jualan online

Cara mendapatkan uang dari Internet yang terbilang konvensional adalah dengan berjualan online. Kalau kalian punya kemampuan membuat pernak-pernik, makanan atau semacamnya kalian bisa menjualnya lewat marketplace online yang ada di Indonesia atau lewat media sosial.

Sumber : jeda.id