Advertisement

Waduh, Mikroplastik Ditemukan di Apel dan Wortel

Newswire
Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Waduh, Mikroplastik Ditemukan di Apel dan Wortel Wortel - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kita perlu berhati-hati dalam mengonsumsi  buah dan sayuran. Sebab, Mmkroplastik telah mengontaminasi banyak buah dan sayuran yang bisa memengaruhi kesehatan. 

Menurut Maria Westerbos dalam Journal of Environmental Research, apel adalah buah yang paling terkontaminasi oleh mikroplastik. Sedangkan wortel termasuk golongan sayuran yang paling banyak terkontaminasi.

Advertisement

"Selama bertahun-tahun kami telah mengetahui tentang plastik pada krustasea dan ikan. Tetapi, ini adalah pertama kali kami mengetahuinya dalam sayuran," jelas Maria Westerbos dikutip dari Express, dikutip Suara.com--jaringan Harianjogja.com, Jumat (26/6/2020). 

Jika mikroplastik itu mengontaminasi sayuran, artinya segala sesuatu yang kita makan juga terkontaminasi plastik, seperti daging atau produk susu.

Laporan tentang mikroplastik pada buah dan sayur ini pun menyerukan peninjauan terhadap efek dari mikroplastik terhadap kesehatan.

Sementara itu, studi kedua dalam jurnal Nature Sustainability menemukan plastik yang disedot dengan air melalui sistem akar tanaman pangan.

Para peneliti menemukan mikroplastik menembus akar tanaman selada dan gandum. Kemudian mikroplastik diangkut ke bagian tanaman yang bisa dimakan di atas permukaan tanah.

Sayuran akar seperti wortel, lobak dan sayuran berdaun seperti selada adalah kelompok sayuran yang paling berisiko terkontaminasi mikroplastik.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan percaya partikel plastik terlalu besar untuk melewati penghalang jaringan tanaman. Tapi, temuan baru ini menimbulkan keraguan serius atas keamanan makanan yang kita konsumsi.

"Diet lima hari mikroplastik dan bahan kimia beracun bukanlah yang diperintahkan oleh Dokter. Saya meminta penyelidikan segera tentang bahaya racun mikroplastik untuk kesehatan," jelas Sian Sutherland, salah satu pendiri kelompok kampanye lingkungan A Plastic Planet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement