Advertisement

Gejala Baru Virus Corona: Sensitif Terhadap Cahaya

Syaiful Millah
Senin, 29 Juni 2020 - 19:47 WIB
Nina Atmasari
Gejala Baru Virus Corona: Sensitif Terhadap Cahaya Ilustrasi peka terhadap cahaya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Para ahli di seluruh dunia terus melakukan penelitian terhadap virus Covid-19. Ahli menemukan kemungkinan tanda gejala baru terkait dengan penyakit virus corona atau Covid-19 yang bisa menjadi ciri-ciri seseorang terinfeksi penyakit. Tanda ini terkait dengan respons spesifik terhadap cahaya.

Dilansir dari Express UK, Senin (29/6) kelompok riset medis Mayo Clinic menyebut satu tanda yang bisa jadi merupakan gejala dari penyakit Covid-19 ada kepekaan dan iritasi terhadap cahaya.

Advertisement

Gejala terkait mata lainnya termasuk mata yang membesar, pembuluh darah merah, kelopak mata bengkak, penyiraman berlebihan, “Gejala-gejala ini lebih umum pada orang dengan infeksi parah,” kata ahli.

Baca juga: Jokowi Soroti Keterlambatan Insentif Tenaga Medis, Kemenkes Ungkap Alasannya

Menurut Harvard Health, indikator lain yang umum terjadi dan lebih memprihatinkan adalah demam tinggi, batuk parah, dan sesak napas. Seperti yang telah diinformasikan bahwa gejala ini sering mengindikasi penumonia, pembengkakan atau radang jaringan pada paru-paru.

Adapun, National Health Service juga sebelumnya telah membuat daftar tanda-tanda peringatan utama infeksi virus corona baru, sebagai berikut :

- Suhu tinggi – ini berarti Anda merasa panas pada bagian dada atau punggu tanpa harus mengukur suhu tubuh.

- Batuk terus menerus – ini berarti Anda mengalami banyak batuk selama lebih dari satu jam atau lebih dati tiga episode batuk selama 24 jam

- Kehilangan atau perubahan indra penciuman atau indra perasa – ini terjadi ketika Anda menyadari bahwa Anda tidak bisa mencium atau merasakan apa pun, berbeda dari biasanya.

Baca juga: Belum Penuhi Syarat, Wisata Gua Pindul Tak Bisa Dibuka

NHS memperingatkan bahwa penting bagi siapa pun yang merasa memiliki gejala dan mengalami kondisi yang parah, untuk secara mendapatkan bantuan medis dan berkonsultasi dengan dokter atau petugas layanan kesehatan.

Selain gejala utama tersebut, NHS juga memaparkan sejumlah tanda yang harus mendapatkan tindakan medis segera misalnya kesulitan bernapas, batuk berdarah, bibir atau wajah yang membiru, merasa kedinginan dan berkeringat, dan pingsan.

Penelitian tentang virus corona baru penyebab pandemi Covid-19 masih terus dilakukan. Para peneliti juga terus melaporkan adanya keterkaitan antara virus dengan organ tubuh lain di luar sistem pernapasan seperti kulit dan otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement