Advertisement

Jangan Gunakan Masker Medis Saat Bersepeda, Ini Alasannya

Newswire
Senin, 29 Juni 2020 - 22:47 WIB
Nina Atmasari
Jangan Gunakan Masker Medis Saat Bersepeda, Ini Alasannya Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Saat ini, kegiatan bersepeda sedang marak dilakukan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan bersama rekan maupun keluarga. Ada pula yang melakukannya sendiri.

Karena pandemi Covid-19 masih berlangsung, ada pesepeda yang mengenakan masker saat bersepeda. Namun, ada pula yang tidak.

Advertisement

Nah, ada hal yang harus diperhatikan ketika bersepeda guna menghindari persebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan mengenakan masker.

Baca juga: Cara Sederhana agar Tetap Sehat Hadapi New Normal

Apakah semua jenis masker dapat digunakan untuk bersepeda? Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Paru Agus Dwi Susanto mengatakan, jenis masker yang aman digunakan untuk bersepeda adalah masker kain.

Sementara itu, jenis masker medis atau N95 tidak direkomendasikan untuk bersepeda, karena filter pada masker tersebut lebih tebal sehingga udara lebih sulit masuk. Masker medis atau N95 hanya direkomendasikan untuk para tenaga medis di rumah sakit karena risiko penularannya lebih tinggi.

"Kalau mau bersepeda, gunakan masker kain, itu pun yang longgar. Jangan mengenakan masker kain yang sempit agar tetap leluasa bernapas," ujar Agus.

Baca juga: Corona Berefek Jangka Panjang, Meski Sembuh Paru-Paru dan Otak Berpotensi Rusak

Selain itu, lanjut Agus, bersepedalah dengan intensitas ringan hingga sedang. Jangan terpacu oleh kecepatan yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung.

"Di masa pandemi ini, tujuan kita berolahraga kan supaya tetap bugar agar tidak mudah terserang penyakit. Jika tubuh ingin bugar berolahragalah dengan intensitas rendah hingga sedang. Karena saat ini kita olahraga pakai masker, jadi ya bersepeda santai saja supaya ritme bernapasnya normal," pungkasnya.

Berita ini telah tayang di Okezone dengan judul: Bahaya Penggunaan Masker Medis untuk Pesepeda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bangun TPR Sementara, Pemkab Bantul Anggarkan Rp800 Juta

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Jadi Tersangka Korupsi, KPK Cekal Bupati Sidoarjo Pergi ke Luar Negeri

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement