Hai Pecinta Musik, Ini Kiat Memaksimalkan Spotify Premium

Ilustrasi spotify -
04 Juli 2020 11:57 WIB Gombang Nan Cengka Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  - Meskipun bersaing ketat dengan layanan serupa seperti YouTube Music, Apple Music, atau Deezer, Sportify masih menjadi layanan streaming musik terkemuka.

Menurut riset Counterpoint, pangsa pasar global Spotify pada 2019 mencapai 35 persen, sementara Apple Music 9 persen, disusul Amazon dengan pangsa pasar 15 persen, Tencent Music 11 persen, sedangkan YouTube Music berpangsa 6 persen.

Versi layanan berbayar (Spotify Pre­mium) menawarkan serang­kai­an fitur tambahan seperti bebas iklan, dan kemampuan memainkan musik luring (offline).

Apakah Anda termasuk yang ikut berlangganan berbayar Spotify? Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat optimal dari langganan premium tersebut.

Mengendalikan mutu

Salah satu manfaat terpenting yang bisa didapatkan dari lang­gan­an premium adalah akses ke kual­itas streaming yang lebih baik. Secara default, aplikasi Spo­tify akan menyesuaikan kua­li­tas streaming dengan koneksi internet.

Namun, bila Anda menggunakan jaringan internet yang kualitasnya terjamin, Anda mungkin ingin mengatur agar Spotify selalu memutar lagu dengan kualitas suara terbaik (very high quality).

Kualitas suara terbaik ini setara dengan musik digital 320 kbps. Sebaliknya, bila Anda berada di jaringan internet yang buruk atau kurang stabil, Anda mungkin ingin menyetel kualitas musik ke mutu yang lebih rendah (96 kbps, atau bahkan 24 kbps).

Perlu diingat bahwa pengaturan ini hanya bisa dilakukan pada aplikasi ponsel dan aplikasi desktop. Bila Anda mendengarkan Spotify lewat aplikasi web, kualitas musik tidak bisa diubah. Pelanggan gratisan akan mendapatkan musik AAC 128 kbps, sedangkan pelanggan premium bisa menikmati kualitas 256 kbps.

Memutar lagu offline

Langganan Spotify berbayar memungkinkan Anda untuk bisa memutar lagu tanpa harus terhubung ke internet. Anda bisa mengunduh lagu-lagu yang Anda pilih terlebih dahulu (aplikasi desktop dan ponsel).

Pada aplikasi desktop, tidak ada opsi untuk kualitas lagu yang diunduh, karena lagu akan disimpan dalam kualitas maksimum. Untuk aplikasi ponsel, tersedia pilihan untuk mengunduh lagu dengan kualitas normal (96 kbps), tinggi (160 kbps), atau sangat tinggi (320 kbps).

Opsi kualitas buat ponsel ini diberikan karena kapasitas penyim­panan data ponsel bia­sanya lebih terbatas diban­ding­kan dengan komputer pribadi.

Alternatif lain adalah memutar koleksi lagu lokal. Pengguna Spotify Premium dapat memutar berkas musik yang tersimpan di komputernya. Di pengaturan Spotify, Anda tinggal menentukan folder tempat berkas musik tersimpan.

Spotify mendukung format MP3, MP4P, MP4. Bila berkas lagu Anda disimpan dalam format lain, Spotify akan berusaha mencarikan lagu yang sama dari katalog musiknya. Lagu tersebut belum tentu sama persis dengan lagu yang tersimpan di komputer Anda.

Fitur impor berkas musik ini tidak tersedia untuk Spotify versi ponsel. Namun, Anda bisa mengakalinya menggunakan Spotify desktop. Caranya, buat daftar lagu (playlist) di aplikasi desktop yang berisi lagu-lagu lokal.

Daftar lagu ini akan otomatis tersinkronisasi ke aplikasi ponsel. Pilih opsi pengunduhan di sana. Agar pengunduhan lagu di ponsel bisa berjalan, baik ponsel maupun komputer harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Sumber : bisnis.com