Gara-Gara Corona, Muncul Berbagai Gaya Baru Berkencan

Ilustrasi - Chatelaine
06 Juli 2020 23:27 WIB Gloria Fransisca Katharina Lawi Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pandemi virus corona (Covid-19) membuat manusia harus mengubah gaya hidupnya, termasuk dalam hal berkencan.

Tinder menyatakan perubahan terbesar yang terjadi saat ini adalah masyarakat harus terbiasa untuk melakukan aktivitas mereka dari rumah, termasuk dalam hal membangun dan membina sebuah hubungan.

Kebiasaan lama dimana mereka dapat bertemu langsung dengan seseorang dari Tinder dan menghabiskan waktu bersama, kini, sulit terjadi karena physical distancing dan pertimbangan kesehatan yang diharuskan di hampir semua negara. Oleh karenanya, banyak kaum muda yang merasa kewalahan akan nasib hubungan asmara mereka.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini yang Harus Dilakukan Jika Tertangkap Basah Anak Saat Hubungan Seks

Seorang pakar relationship asal Amerika Serikat, Wendy Lyon mengatakan, saat ini belum dapat memastikan aktivitas berkencan dapat kembali normal.

"Namun, kita dapat memprediksi sebuah bentuk cara kencan baru dari situasi saat ini," kata Wendy, melalui siaran pers, Senin (6/7/2020).

Nah, bagaimana bentuk kencan baru tersebut? Apa tips-tips paling bijak untuk berkencan di saat pandemi seperti sekarang ini? Berikut rekomendasi Tinder perihal kencan pada masa normal baru.

1. Hindari Kontak Fisik

Di saat beberapa kaum jomblo menikmati waktu sendiri mereka dan bersyukur belum memiliki pasangan yang bisa menimbulkan drama di masa-masa seperti ini, ternyata ada pula yang menunjukkan keinginan mereka untuk kembali berkencan. Namun, mereka masih ragu untuk bertemu langsung dengan orang baru.

Baca juga: Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Pria Lebih Cerdas dari Wanita

Gabi Levi, pakar percintaan masih dari Amerika Serikat mengatakan, salah satu solusi untuk Anda yang ingin tetap bertemu langsung dengan kenalan baru dari Tinder, yaitu hindari kontak fisik, termasuk bersalaman.

“Mayoritas kaum muda masih merasakan ketakutan akan pandemi ini. Untuk itu mereka merasa perlu untuk menjaga kesehatan dan melindungi diri mereka sendiri," ujarnya.

Mungkin kini saatnya Anda menggantikan berjabat tangan, seperti melambaikan tangan atau mempraktekan bahasa korea yang kamu pelajari dari hasil nonton drama korea selama ini. Semisal katakan, annyeonghaseyo! sambil agak membungkukkan badan kamu. Dengan tidak adanya kontak fisik, tetap menggunakan masker dengan benar, dan jaga jarak aman, pertemuan kamu dan dia akan tetap aman.

Gunakan pertemuan ini sebagai langkah awal untuk mengenal dan mempelajari teman baru. Dengan melakukan pertemuan pertama seperti ini, hubungan yang Anda bangun akan menjadi lebih solid. Selain itu pertemuan Anda ke depannya akan dapat berkembang menjadi lebih serius dan terkontrol.

2. Jadilah Pasangan yang Menyenangkan

Setelah berbulan-bulan menghabiskan waktu sendiri atau bersama keluarga, para jomblo mengidamkan adanya hubungan romantis.

Melihat kemungkinan besar munculnya “gelombang kedua” dari pandemi ini, para jomblowan dan jomblowati mencari seseorang yang bersedia untuk menghabiskan waktu bersama. Alhasil smartphones mereka tidak sepi akan kasih sayang dari teman spesial.

Menurut Levi, akan lebih mudah untuk melewati masa-masa seperti ini jika kita memiliki seseorang untuk berbagi keluh kesah serta bercanda bersama.

3. Serious relationship, please!

Cara berkomunikasi dengan pasangan juga berubah menjadi lebih terbuka dalam situasi saat ini. Mereka lebih berani untuk mengatakan apa yang mereka inginkan.

“Banyak orang yang akan lebih vokal mengutarakan bahwa mereka tidak mau sekadar hubungan kasual atau main-main saja karena waktu sangatlah berharga. Mereka lebih menghargai keinginan pribadi mereka, yaitu mendapatkan hubungan yang lebih serius.” ungkap Levi.

4. Mulailah untuk Terbiasa akan Video Dating

Pandemi telah mempopulerkan kegunaan fitur video chat, dan sepertinya akan terus seperti ini dalam beberapa kurun waktu ke depan. Studi dari Vida Select mengungkapkan bahwa 84 persen online daters memilih melakukan kencan pertama mereka lewat video call ketimbang secara langsung.

Lyon percaya bahwa video chat merupakan cara solid untuk mengenal lebih lanjut match Tinder Anda, sebelum bertemu langsung di dunia nyata agar lebih mengenal satu sama lain. Melakukan video chat sebelum bertemu langsung juga dapat mencegah Anda untuk naksir seseorang yang tidak tepat untukmu, sehingga Anda tidak mudah terpikat jurus yang bisa dilancarkan saat bertemu langsung.

Lyon juga mengungkapkan perubahan perilaku ini bersifat lebih positif dan menjanjikan. Dengan mempertimbangkan niat tulus orang lain, kesehatan, serta waktu, kita jadi belajar untuk menghargai diri kita sendiri.

Sumber : Bisnis.com