Advertisement

Ingin Jalani Bisnis Jasa Perawatan Hewan Peliharaan? Ini Tipsnya...

Nirmala Aninda
Rabu, 08 Juli 2020 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Jalani Bisnis Jasa Perawatan Hewan Peliharaan? Ini Tipsnya... Seekor anjing - iheartdogs.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jika Anda seorang seorang perawat atau groomer yang tertarik memulai bisnis perawatan hewan peliharaan sendiri, berikut adalah beberapa ide untuk memulai perjalanan menuju kemandirian wirausaha.

Populasi hewan peliharaan di Indonesia terus meningkat ketika generasi baru memasuki kebebasan finansial. Tetapi banyak dari orang tua hewan peliharaan tidak menyadari bahwa ras hewan tertentu, khususnya anjing, datang dengan kebutuhan perawatan yang tinggi.

Advertisement

Memasuki industri hewan peliharaan berarti elemen dari peran Anda akan didedikasikan untuk mendidik pemilik hewan peliharaan tentang pentingnya perawatan dan manfaat kesehatannya.

Semakin banyak hewan peliharaan dengan lebih banyak kebutuhan perawatan adalah berita positif bagi orang yang menjalankan bisnis perawatan hewan peliharaan. Akan ada banyak permintaan yang harus Anda penuhi.

Tetap saja, penting untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Dengan tips yang tepat, seperti yang dilansir melalui 123 Pet Software mengutip Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjalankan bisnis yang sukses.

1. Tetapkan Tujuan.

Sebelum Anda membuat perubahan besar (atau memulai sesuatu yang baru), penting untuk menetapkan perspektif Anda tentang bisnis baru yang akan dijalani. Seperti apa target pendapatan Anda? Berapa lama Anda ingin melakukan bisnis ini? Sertifikat atau surat apa saja yang diperlukan? Jika Anda dapat menjwab pertanyaan itu terus-menerus, Anda sudah siap untuk menghadapi tantangan baru ini.

2. Anggaran yang Baik Adalah Kunci Utama

Seperti bisnis pada umumnya, Anda perlu meninjau komponen anggaran bisnis. Seperti halnya bisnis apa pun, Anda perlu melacak uang Anda. Ini lebih dari sekadar berapa banyak uang yang akan Anda hasilkan dan belanjakan pada bulan tertentu. Anggaran yang bagus menunjukkan kondisi sekarang dan juga dapat membantu Anda mengantisipasi masa depan.

3. Nyaman dengan Segala Macam Hewan Peliharaan

Tergantung pada bisnis Anda, Anda bisa saja merawat semua jenis hewan. Tidak peduli anjing atau kucing, apapun jenisnya mereka semua akan menunjukkan reaksi berbeda. Anda harus siap menghadapi semua kemungkinan saat Anda berurusan dengan hewan.

4. Jalin Hubungan Klien yang Baik dengan Konsumer

Ketika memberikan layanan kepada hewan peliharaan, Anda tidak boleh melupakan keberadaan pemiliknya. Ajarkan mereka berbagai tips untuk memandikan atau melatih peliharaan mereka agar selalu sehat. Komunikasi yang baik dapat menjadi fondasi loyalitas yang kokoh.

5. Luangkan Waktu Anda

Menjalankan bisnis perawatan hewan peliharaan membutuhkan waktu lama, di mana rata-rata jam kerja tertinggi di AS, misalnya, hanya lebih dari 40 jam sepekan. Anda mungkin perlu menyisihkan waktu lebih banyak untuk bisnis ini dan menganggapnya sebagai bagian dari tanggung jawab Anda. Namun jangan khawatir, Anda dapat mempekerjakan bantuan.

6. Perluas Jaringan

Penting bagi Anda untuk berhubungan baik dengan orang lain di sekitar Anda yang juga menjalankan bisnis perawatan hewan peliharaan. Dengan beberapa jejaring yang baik, Anda dapat mempelajari trik-trik bisnis dari yang terbaik. Mereka dapat memberi tahu Anda trik menghemat uang atau anekdot yang relevan. Jelajahi apa yang ditawarkan industri ini dan Anda mungkin menemukan lebih banyak cara untuk meningkatkan bisnis dan keahlian Anda.

7. Gunakan Media Sosial

Baik itu pesaing atau pelanggan, cara tercepat untuk menjangkau siapa pun saat ini adalah melalui media sosial. Anda harus memiliki kehadiran di media sosial, apakah itu Facebook, Instagram atau platform lainnya. Ini cara yang bagus untuk memasarkan produk Anda dan menghubungi siapa pun, secara instan.

Anda juga peelu meluangkan waktu untuk membangun brand awareness di media sosial dan meningkatkan pemasaran Anda. Ingatlah bahwa Anda menggunakan teknologi untuk meningkatkan audiens bisnis Anda, jadi gunakanlah upaya yang strategis.

8. Bangun Rutinitas

Rutinitas dapat membuat hidup lebih mudah, dan ada banyak manfaat yang datang dengan memiliki serangkaian kebiasaan sehari-hari. Anda akan dapat lebih fokus pada gambaran besar dari bisnis: cara memandikan yang umum hingga cara membersihkan tubuh hewan. Jangann lupa bahwa layanan adalah bagian terpenting dari bisnis Anda.

9. Siap Dengan Ekspektasi

Setiap bisnis perawatan hewan peliharaan baru bergabung dengan industri yang berkembang dengan cepat. Bisnis baru yang terus-menerus bertambah ke industri berarti bahwa pelanggan akan mulai mengharapkan hal-hal yang berbeda dari bisnis perawatan hewan peliharaan Anda. Keputusannya ada di tangan Anda untuk tetap terdepan dalam perubahan ini.

Kuncinya berkembang seiring dengan zaman. Anda tidak perlu mengubah bisnis secara konstan, lakukan adaptasi dari waktu ke waktu dengan menerapkan strategi terbaik bagi bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement