Tanpa Asap, 10 Jenis Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk

Ilustrasi. - Freepik
08 Juli 2020 17:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Memasuki musim kemarau, populasi nyamuk meningkat dan bisa mengganggu aktivitas manusia. Berbagai penyakit bisa ditularkan akibat gigitan nyamuk. Bahkan, satu jenis nyamuk aedes aegypti bisa menyebabkan tiga penyakit, yaitu demam berdarah, demam kuning, dan chikungunya.

Selain itu, ada pula penyakit malaria yang disebabkan nyamuk anopheles dan aedes albopictus penyebab zika.

Kementerian Kesehatan sebelumnya telah menyampaikan bahwa pemberantasan sarang nyamuk (PSN) harus dilakukan dari rumah.

Baca juga:CEK FAKTA: Beredar Pesan Berantai Voucher Indomaret Senilai Rp2 Juta, Ini Keterangan Resminya

Selain mengandalkan kegiatan juru pemantau jentik melalui fogging, masyarakat juga harus tetap melakukan 3M+ yang menjadi cara paling sederhana dalam PSN. Yaitu dengan menutup dan menguras bak mandi, juga mendaur ulang barang yang masih bisa digunakan.

"Plusnya banyak sekali, bisa memakai lotion, menutup rumah pakai kasa nyamuk. Dalam masa di rumah saja, sangat baik kita bisa memastikan rumah bebas sarang nyamuk. Selain tentunya ventilasi yang baik, tidak menumpuk baju karena nyamuk sangat senang, itu sifat nyamuk setelah menggigit ia akan bergelantungan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Selain menutup sumber air, nyamuk yang telah terlanjur beredar di sekitar rumah juga perlu diwaspadai. Obat nyamuk atau pun lotion anti nyamuk sering kali jadi solusi untuk menghindari gigitannya.

Baca juga: Luar Biasa, Ini Manfaat Pijat Payudara

Tapi ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk dari area rumah. Anda bisa memanfaatkan sejumlah tanaman tertentu yang aromanya tak disukai nyamuk.

Tak hanya bisa menjadi penangkal nyamuk, tanaman ini juga cukup estetik sebagai hiasan ruangan. Berikut 10 tanaman pengusir nyamuk, sebagaimana dikutip dari AsiaOne.

1. Basil

Selain menjadi tambahan yang lezat untuk pasta, kentang goreng, dan pizza, ramuan aromatik ini juga baik untuk mengusir nyamuk dan lalat. Penelitian pernah dilakukan pada 2009 menemukan bahwa basil beracun bagi larva nyamuk.

2. Rosemary

Biasa dijadikan bumbu pada masakan daging, rosemary juga bisa jadi pembasmi serangga alami. Selain itu, bunga ungu khas rosemary juga bisa mempercantik ruangan.

3. Lavender

Aroma lavender yang menenangkan bagi manusia, tapi tidak untuk serangga.

4. Geranium

Tanaman berbunga lain, geranium, juga bagus untuk mengusir nyamuk berkat bahan kimia di dalamnya. Bunga-bunga indah mereka juga sempurna untuk mempercantik rumah Anda!

5. Catnip

Para ilmuwan telah menemukan bahwa catnip 10 kali lebih efektif dalam mengusir nyamuk daripada bahan kimia yang ada pada produk pengusir serangga.

6. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, bahan kimia yang berbahaya bagi nyamuk dan serangga lainnya. Anda dapat memotong dan menyebarkan siung bawang putih di sekitar halaman atau balkon Anda.

7. Sereh

Disebut juga 'tanaman nyamuk', sereh adalah salah satu bahan alami yang paling umum digunakan dalam penolak nyamuk. Agar sereh dapat bekerja efektif, pastikan untuk menghancurkan beberapa daun sehingga minyak alaminya yang harum bisa tercium.

8. Marigold

Bunga-bunga indah ini membantu mencerahkan ruangan sekaligus mengusir nyamuk. Marigold mengandung senyawa pyrethrum dan mengeluarkan bau yang dibenci serangga seperti nyamuk. Simpan pot marigold di pintu utama, di balkon, atau area lain.

9. Mint

Sama seperti sereh, mint juga bisa dimanfaatkan selain kegunaannya yang biasa jadi campuran minuman. Hancurkan beberapa daun mint akan membantu melepaskan minyak alami untuk mengusir nyamuk.

10. Lemon Balm

Masih satu kelompok dengan tanaman mint, lemon balm tidak hanya bagus untuk membuat teh herbal panas untuk menghilangkan stres, tetapi juga dikenal untuk menjauhkan nyamuk karena aroma lemonnya yang kuat. Anda dapat menghancurkan beberapa daun dan mengaplikasikan langsung ke kulit Anda.

Sumber : Suara.com