Ini Cara Ibu Bekerja Nikmati Me Time di Tengah Pandemi

Ilustrasi - Thecookingacademy
11 Juli 2020 17:17 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat masyarakat di seluruh dunia dianjurkan untuk tinggal di rumah, anak-anak pun mulai akrab dengan belajar dari rumah yang dilakukan secara daring.

Baru-baru ini, pemerintah sudah memutuskan bahwa 94% peserta didik yang tinggal di zona kuning, oranye dan merah, masih harus belajar dari rumah.

Waktu liburan sekolah sudah hampir selesai dan anak-anak mulai minggu depan anak-anak kembali akan disibukkan dengan kegiatan belajar.

Meski mensyukuri bisa meluangkan begitu banyak waktu dengan si kecil di rumah, namun kesibukan si kecil belajar dari rumah juga menambah kesibukan para moms, karena selain mengurus rumah dan work from home, moms kembali perlu mengawasi kegiatan belajar si kecil, termasuk membuatnya tetap giat dan semangat selama belum boleh keluar rumah untuk bermain dengan teman-temannya.

Sudah naluri seorang mom untuk memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Waktu 24 jam kadang terasa kurang untuk menyelesaikan semua pekerjaan di rumah, work from home, menemani anak belajar dan masih banyak lagi. Hal ini bisa saja membuat moms lupa untuk meluangkan waktu berharga bagi diri sendiri.

Kadang terasa sulit untuk mencari waktu luang bagi diri sendiri. Saat anak sedang disibukkan dengan kegiatan belajar di depan laptop, tidak ada salahnya moms pergi ke ruangan sebelah untuk menikmati sedikit me-time yang telah terbukti bisa membuat kita lebih bersemangat dan segar kembali.  Selama menikmati me-time tersebut, coba lupakan hal lain dan berfokus pada diri sendiri.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan para moms di sela-sela kesibukan sehari-hari di rumah:

1. 15-minutes Yoga

Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga baik untuk kesehatan mental. Yoga meningkatkan kesadaran tubuh, mengurangi stress, menenangkan saraf dan membantu untuk tidur lebih nyenyak. 

2. Membaca buku

Membaca buku adalah cara terbaik untuk menenangkan diri, bahkan lebih baik dari berjalan dan mendengarkan musik. Hanya dengan membaca selama 6 menit, moms sudah bisa merasa lebih tenang dan rileks. 

3. Manjakan diri

Selama me-time, manjakan diri Anda dengan mandi busa menggunakan sabun dengan aroma yang wangi dan menenangkan. Lakukan manicure di rumah agar kuku Anda terlihat lebih cantik dan gunakan masker wajah untuk membuat kulit Anda lebih segar.

4. Memasak

Memasak adalah aktivitas yang sangat menenangkan dan merupakan cara untuk mengurangi stress, bahkan sebuah wujud terapi. Memasak adalah aktivitas yang memberikan rasa kepuasan dan pencapaian serta dapat membuat orang lain merasa senang.  Selain itu, memasak hidangan-hidangan yang sehat juga dapat meningkatkan hormon serotonin yang membuat kita merasa senang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia