Ikuti Tren, Artis Ramai-Ramai Bersepeda

Luna Maya bersepeda
17 Juli 2020 06:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di tengah pandemi, banyak orang meningkatkan aktivitas olahraga untuk meningkatkan stamina tubuh. Beragam olahraga dilakoni mereka, salah satunya yang sedang tren yakni bersepeda.

Banyak artis yang mulai kompak bersepeda bahkan ramai-ramai menjalankannya. Sebut saja Luna Maya. Belakangan ini, dia aktif bersepeda bersama dengan sahabat-sahabatnya.

Selain itu, ada juga Raffi Ahmad yang lewat konten di youtube channelnya juga bersepeda keliling kompleks perumahannya. Selain kedua artis itu, ada juga yang lainnya seperti Nirina Zubir, Kelly Tandiono, Sigi Wimala. Artis-artis perempuan ini, kerap janjian untuk sepeda bareng di Jakarta. 

Dikutip dari alodokter.com,  selain sebagai alat untuk rekreasi, bersepeda membuat tubuh bergerak aktif. Bersepeda sendiri, jika dilakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda jika dilakukan secara rutin.

Memperbaiki kardiovaskular

Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah.Menurunnya kadar kolesterol jahat akan mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin optimal.Makin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular Anda, makin rendah risiko Anda terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan kekuatan otot

Berapa banyak anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda? Hampir semuanya, bukan? Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

Merawat sendi

Selain otot, sendi-sendi pada lengan dan tungkai juga ikut aktif. Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Pergerakan yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel.

Menjaga berat badan

Berkat bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik, dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

Menurunkan tingkat stres

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh tentu saja akan mengurangi beban yang menggelayuti pikiran Anda. Ditambah dengan pemandangan yang dapat Anda nikmati saat bersepeda, maka penurunan tingkat stres dalam tubuh Anda akan makin terasa.

Menurunkan risiko penyakit-penyakit lain

Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya risiko terkena diabetes. Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia