Ternyata Ini Penyebab Bayi Sering Menangis Saat Dimandikan

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
21 Juli 2020 19:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Mandi merupakan aktivitas rutin manusia bahkan sejak dilahirkan. Mandi secara teratur bagi bayi tidak hanya diperlukan untuk menjaga kebersihan, tetapi juga merupakan ritual penting yang menenangkan dan membuat mereka tertidur nyenyak.

Tetapi bagi setiap orang tua, mandi untuk si kecil adalah pengalaman yang berbeda. Meski beberapa bayi suka air, tapi ada bayi yang selalu menangis saat dimandikan oleh orangtua.

Baca juga: Hamil Hanya 1 Jam Adalah Kasus Langka yang Disebut Cryptic Pregnancy, Ini Penjelasannya

Lantas apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?Dilansir dari Times of India, berikut ini beberapa rangkumannya:

Suhu air

Bayi lebih rentan terhadap suhu dingin dan panas. Jadi, pastikan suhu airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Yang terbaik adalah mandi dengan air hangat. Ini akan menenangkan mereka dan mereka akan menikmati waktu mandi.

Aliran air

Tuangkan air secara perlahan pada mereka. Jika Anda menggunakan bathtub, maka letakkan anak Anda di bak mandi terlebih dahulu kemudian tuangkan air ke dalamnya. Dengan cara ini mereka tidak perlu berurusan dengan banyak air sama sekali. Bahkan ketika Anda mencuci rambut, tuangkan air secara perlahan.

Baca juga: Benarkah Sosis Itu Bukan Daging?

Ruam atau luka bakar

Cari ruam dan luka yang bisa terbakar setelah bersentuhan dengan sabun dan air. Ini mengurangi sensasi terbakar mereka, menghasilkan rasa tidak nyaman pada bayi. Oleskan salep pada ruam dan hindari penggunaan sabun di area itu.

Kelaparan

Selalu mandikan anak Anda ketika dia cukup makan dan cukup istirahat. Jika bayi Anda terlalu lelah atau lapar, maka itu bisa menjadi alasan ketidaknyamanan mereka. Tunggu 30 menit hingga 45 menit setelah menyusui bayi Anda dan kemudian bawa mereka untuk sesi mandi.

Tetaplah pada rutinitas

Penting untuk mempertahankan rutinitas yang tetap dan menaatinya. Mengikuti rutinitas yang sama setiap hari akan membantu anak Anda dan tubuh mereka melakukan beberapa tugas harian. Seperti jika anak Anda tahu bahwa sudah waktunya tidur, akan lebih mudah bagi Anda untuk membuatnya tertidur. Sama halnya dengan rutinitas mandi.

Sumber : Suara.com