Luka Gatal di Jari Kaki dan Tangan Bisa Jadi Gejala Virus Corona

Foto ilustrasi. - Freepik
21 Juli 2020 22:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Para peneliti di seluruh dunia terus melakukan penelitian tentang virus corona Covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari 14 juta orang di dunia. Gejala virus corona Covid-19 pun bermacam-macam, meskipun umumnya berupa batuk dan demam tinggi.

Tapi, Anda juga berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 jika melihat beberapa perubahan menyakitkan pada kulit. Salah satu tanda peringatan virus corona Covid-19 adalah luka gatal di tangan dan kaki.

Luka pada kulit tangan dan kaki ini mirip dengan chilblains yang kecil, gatal dan biasanya terlihat seperti bercak merah.

Baca juga: Benarkah Sosis Itu Bukan Daging?

Menurut Mayo Clinic dilansir dari Express, anak-anak dan remaja berisiko mengembangkan perubahan kulit ini jika terinfeksi virus corona Covid-19. Beberapa pasien juga mengeluhkan adanya lesi sebagai gejala awal virus corona.

"Penyakit virus corona Covid-19 bisa menyebabkan berbagai tanda dan gejala. Tapi, Covid-19 juga bisa menyebabkan gejala yang mungkin tak terduga," jelas situs medis tersebut.

Orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 dalam kondisi ringan lebih mungkin mengembangkan lesi gatal di tangan dan kaki. Lesi mirip chilblains adalah suatu kondisi kulit yang meradang.

Baca juga: Efek Jangka Panjang Terinfeksi Corona, Sulit Bernapas Hingga Kabut Otak

"Kadang-kadang kondisi ini disebut jari kaki Covid-19, gejala ini biasanya berlangsung sekitar 12 hari," lanjutnya.

Tetapi, bercak merah atau luka di jari kaki dan tangan yang gatal itu tak selalu tanda virus corona Covid-19. Kondisi ini tergolong sangat umum muncul ketika berada dalam cuaca dingin.

Jika bukan karena virus corona Covid-19, luka gatal itu akan hilang dalam 2 hingga 3 minggu. Selain itu, luka gatal di kaki dan tangan bisa jadi indikasi virus corona bila disertai gejala umum lainnya.

Adapun gejala umum virus corona Covid-19 adalah demam tinggi, batuk persisten, sesak napas, hilangnya indra penciuman dan rasa.

Beberapa pasien virus corona Covid-19 juga mengalami sakit tenggorokan, sakit kepala hingga ruam luas. Karena itu, Anda perlu mewaspadai setiap gejala yang mengarah pada virus corona Covid-19.

Sumber : Suara.com