Apakah Memakai Masker Berbahaya bagi Kesehatan? Ini Hasil Eksperimen Dr. Oz

Ilustrasi. - Freepik
21 Juli 2020 23:27 WIB Feni Freycinetia Fitriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19, warga diwajibkan memakai masker saat beraktivitas terutama di luar rumah. Namun, kabar yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa memakai masker untuk menghindari virus Corona (Covid-19) justru berbahaya bagi pernapasan.

Dokter ternama asal Amerika Serikat Mehmet Oz atau yang dikenal dengan Dr. Oz melakukan eksperimen untuk mengukur kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh saat memakai masker.

Baca juga: Vaksin Corona Buatan China Akan Disuntikkan ke 1.620 Warga Indonesia untuk Uji Klinis

"Jangan percaya rumor yang mengatakan bahwa memakai masker akan berdampak pada penyerapan oksigen ke dalam tubuh," tulisnya melalui akun Twitter resmi miliknya (@DrOz) seperti dikutip, Selasa (21/7/2020).

Dr. Oz mengungkapkan memakai masker justru menjadikan seseorang sebagai pahlawan di dunia nyata. Pasalnya, dengan menggunakan masker, masyarakat bisa menyelamatkan orang lain untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun, dia tak menampik banyak orang yang komplain atau merasa risih ketika memakai masker dalam waktu cukup lama. Beberapa kalangan merasa bahwa masker akan mengurangi penyerapan oksigen ke dalam tubuh.

Baca juga: Harper  Malioboro Yogyakarta Mengadakan Rapid Test Bagi Seluruh Karyawan

Untuk menjawab stigma tersebut, Dr. Oz melakukan eksperimen melalui video berdurasi 46 detik saja. Dalam video yang diunggah ke akun Twitter, Dr. Oz memakai alat pengukur oksigen (oximeter) di telunjuknya. Oximeter mengukur jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah manusia.
Sebelum menggunakan masker, alat tersebut menampilkan angka "99". Setelah itu, Dr. Oz memakai masker kain. Hasilnya, sungguh tidak diduga. Alat Oximeter tetap menampilkan angka "99".

Selang beberapa detik, Dr. Oz menggantinya dengan masker medis atau surgical mask. Hasilnya tetap sama, oximeter mengukur oksigen yang masuk ke tubuhnya di level "99".

Terakhir, Dr. Oz memakai masker N95 atau masker yang dipakai dirinya untuk melakukan operasi pasien selama berjam-jam. Dr. Oz menunjukkan level oksigen pada oximeter tetap "99".

"Dengarkan, saya memakai masker untuk operasi selama 12 jam sepanjang karier saya dan itu tidak masalah. Anda seharusnya bisa merasa nyaman memakai masker ketika ingin berbelanja di pasar," ucap Dr. Oz.

Sumber : Bisnis.com