Advertisement

Cara Ini Bisa Dorong Tumbuh Kembang Anak saat Belajar di Rumah

Dewi Andriani
Kamis, 23 Juli 2020 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Ini Bisa Dorong Tumbuh Kembang Anak saat Belajar di Rumah Anak-anak bermain di wahana musim dingin Snow Storm yang dihadirkan untuk merayakan Lebaran dan musim libur sekolah 2019 oleh Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah menerapkan belajar dari rumah untuk para siswa selama masa pandemi Covid-19. Kondisi ini  mengharuskan orang tua, keluarga, dan sekolah menyesuaikan cara pengasuhannya kepada anak-anak.

Lantas apa yang harus dilakukan saat proses pembelajaran dari rumah sehingga dapat terus mendorong tumbuh kembang anak anak berjalan optimal?

Advertisement

Saskhya Aulia Prima, Psikolog, Rumah Konsultasi Tiga Generasi mengatakan hal terpenting yang harus dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di rumah adalah menciptakan suasana yang nyaman sehingga anak-anak tidak jenuh dan tetap semangat melakukan kegiatan belajar.

Selain itu, komunikasi yang lancar antara sekolah dan orangtua, terutama mengenai materi pembelajaran dan tantangan yang mungkin dihadapi orangtua saat di rumah, juga menjadi kunci keberhasilan proses belajar di rumah untuk anak-anak.

Para orang tua juga menurutnya harus menerapkan rutinitas meskipun di rumah saja.  Sebab, rutinitas yang dapat diprediksi dan dilakukan secara terus-menerus, mampu memberikan perasaan aman, tenang, dan nyaman di tengah kondisi yang sedang tidak menentu ini.

“Orang tua perlu ingat, bahwa kita bukan menghadapi anak kecil, tapi orang dewasa yang masih kecil, sehingga kita perlu mempersiapkan rumah sebagai wadah yang mampu membantu mereka menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya, dalam bincang BaBe 1 on 1, Rabu (22/7/2020).

Sementara itu, Farraas Afiefah Muhdiar, Psikolog Rumah Konsultasi Tiga Generasi menambahkan bahwa orang tua juga perlu mengeksplor minat atau ketertarikan anak pada suatu kegiatan sedari dini, fokusnya pun tidak hanya pada satu minat saja.

“Minat dan bakat pada kegiatan seni dan olahraga justru sangat berpengaruh pada faktor kognitif anak atau kecerdasannya. Karena itulah, saat sedang pembelajaran di rumah ini, menjadi momen yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai minat anak melalui bermacam-macam kegiatan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement