Kecoa di Rumah Bikin Geregetan! Ini Berbagai Cara Membasminya

Ilustrasi. - Freepik
24 Juli 2020 23:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Hewan kecoa biasa ditemukan di dalam rumah. Hewan parasit ini dapat memberikan beberapa kerugian bagi para penghuni rumah. Selain aroma tak sedap yang dikeluarkan tubuhnya, kecoa juga dapat menyebarkan kuman dan bakteri dari satu tempat ke tempat lain di rumah Anda.

Hal ini dapat terjadi karena habitat hidup kecoa yang tinggal di tempat-tempat kotor. Oleh karena itu, jika penghuni rumah melihat kecoa di rumahnya, rasa khawatir dan cemas pun akan muncul. Jalan keluar yang harus dilakukan penghuni rumah adalah membasmi kecoa tersebut sehingga tidak lagi berkeliaran di dalam rumah.

Baca juga: Pakai Masker Bikin Bau Mulut? Begini Cara Mengatasinya

Selain menggunakan semprotan pembasmi kecoa, Anda dapat menyimak beberapa cara membasmi kecoa berikut ini:

Menggunakan bahan alami

Mentimun
Aroma mentimun dapat membunuh kecoa yang datang ke rumah Anda. Sebagai wadahnya, Anda dapat menaruh mentimun di dalam toples dan letakkan di beberapa tempat-tempat yang sering dilewati oleh hewan parasit ini.

Air Perasan Jeruk Lemon
Selain dapat berfungsi sebagai bahan untuk membuat infuse water, jeruk lemon juga dapat digunakan untuk membasmi kecoa. Anda dapat menggunakan jeruk lemon untuk membersihkan peralatan dapur dan campuran untuk mengepel lantai sehingga kecoa tidak akan datang ke rumah Anda.

Baca juga: McDonalds dan Sejumlah Merk Makanan Terkenal Lain Buka-bukaan Resep Masakannya, Mau Coba?

Kopi
Kopi merupakan bahan yang sangat mudah ditemukan di dapur rumah Anda. Jika tidak ingin membuang-buang biji atau bubuk kopi untuk membasmi kecoa, Anda dapat menggunakan ampas kopi yang dapat mengusir dan bahkan dapat membunuh kecoa.

Menggunakan bahan kimia

Kapur barus
Bahan yang satu ini sudah sangat sering digunakan para penghuni rumah untuk membasmi segala macam serangga, mulai dari semut, kutu/tungau, dan kecoa. Anda cukup meletakkan kapur barus atau menggosokkannya di beberapa tempat yang sering dilewati oleh kecoa.

Campuran sabun mandi dan air
Campuran sabun mandi dan air dapat dijadikan alternatif untuk mengusir dan membunuh kecoa. Anda tinggal menyimpan larutan ini ke dalam botol semprotan bekas dan semprotkan pada kecoa yang ada di rumah Anda.

Larutan obat kumur
Sebelum mengaplikasikannya, Anda terlebih dahulu perlu mencampurkan larutan obat kumur dengan air. Setelah itu, simpan campuran ini ke dalam botol semprotan bekas yang ada di rumah Anda. Campuran ini pun sudah dapat Anda gunakan untuk membasmi kecoa di rumah Anda.

Untuk mencegah kecoa kembali datang, Anda perlu menjaga kebersihan dan menjaga kelembaban ruangan di rumah Anda. Beberapa titik ruangan yang paling sering ditinggali kecoa adalah dapur dan kamar mandi.

Kedua ruangan ini perlu lebih sering diperhatikan kebersihannya sehingga tidak mengundang datangnya kecoa. Beberapa cara untuk mencegah datangnya kecoa ke rumah misalnya:

  • Rutin membuang sampah dapur
  • Rutin mengepel lantai
  • Memastikan tidak ada air bekas pakai yang menggenang
  • Membuka fentilasi udara di siang hari
  • Tidak menumpuk pakaian kotor terlalu lama

Itulah cara membasmi kecoa di rumah Anda dan sedikit cara mencegah kecoa kembali datang!

Sumber : Suara.com