Advertisement

Terlalu Sering Keramas Bisa Sebabkan Kerusakan Rambut

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 29 Juli 2020 - 19:07 WIB
Nina Atmasari
Terlalu Sering Keramas Bisa Sebabkan Kerusakan Rambut Rambut rontok - huffingtonpost

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kebiasaan sehari-hari dalam merawat rambut perlu diperhatikan terutama intensitasnya. Menyisir, blow drying, paparan UV dan ikatan rambut kencang, kita selalu menempatkan rambut kita dalam kerusakan setiap hari. Semua faktor ini dapat membuat setiap  helai rentan patah, keriting, dan kering, tetapi dalam kebanyakan kasus, penyebabnya dapat menentukan bagaimana Anda bisa mengobatinya.

“Ada banyak kesalahpahaman tentang apa sebenarnya rambut yang rusak. Sebagian besar ini adalah akibat dari tidak merawat rambut Anda dengan benar. Terlalu banyak atau terlalu sedikit mencuci rambut, terus-menerus menggunakan perawatan kimia yang merusak seperti meluruskan atau pewarna, atau hanya menggunakan penataan panas secara tidak benar — semuanya merusak, ”kata penata rambut dan makeup selebriti Daniel Bauer, dikutip dari Vogue, Rabu (29/7/2020).

Advertisement

Baca juga: HASIL STUDI: Orang Bertubuh Tinggi Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19! Ini Penjelasannya

Bauer memaparkan bahwa kerusakan umumnya muncul di bawah dua jenis kategori. Rambut dehidrasi, di mana helai tidak lagi memiliki kadar air yang dibutuhkan dan mulai terlihat kusam dan kering atau bahkan berminyak dan berat kadang-kadang.

Tipe kedua adalah kelemahan atau kerontokan rambut yang terjadi ketika folikel rambut rusak dan tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri.

1. Terlalu Sering Keramas

Mencuci rambut Anda cukup sering adalah penting untuk membersihkan kulit kepala dari semua penumpukan kotoran, tetapi terlalu banyak hal yang baik dapat menyebabkan lingkungan yang tidak seimbang.

Baca juga: Ingin Bentuk Tubuh Ideal? Cobalah Sarapan dengan 4 Jenis Makanan Ini

“Banyak orang suka mencuci rambut setiap hari sehingga mereka merasa rambutnya bersih, berkilau, dan sehat. Namun, ini mengupas rambut lapisan sebum, meninggalkan rambut mentah dan rentan kusam dan kusut, ”kata Bauer.

2. Bleaching dapat menyebabkan helai rambut yang keriting dan kasar

Apakah Anda menggunakan pewarna di rumah di rumah atau mendapat balayage di salon, beberapa perawatan warna menuntut Anda memutihkan rambut, di mana proses kimia menghilangkan warna rambut alami sehingga Anda dapat mengaplikasikan warna baru.

“Ketika rambut diputihkan, zat alkali, yang merupakan pemantik, menyebabkan rambut membengkak. Membuka kutikula membuat rambut menjadi kasar, dan mengubah elastisitas dan porositas rambut, "kata penata rambut selebriti Amit Thakur.

Karena rambut yang diputihkan dapat terlihat kusam dan kasar dari waktu ke waktu, penting untuk memiliki rutinitas perawatan rambut yang tepat yang menyediakan nutrisi dan kelembaban yang cukup untuk membantu rambut Anda mengatasi kerusakan pemutihan.

“Percayai pewarna rambut Anda dan minta mereka memberi saran agar Anda memperbaiki perawatan di rumah (sampo, masker, perawatan / minyak) sesuai dengan tekstur dan jenis rambut Anda. Memangkas setiap beberapa bulan adalah penting untuk menyingkirkan jalan buntu, ”kata Thakur.

3. Kerusakan panas dapat menyebabkan rambut kering dan kaku

Panas yang berlebihan dapat merusak keratin rambut Anda dan melucuti sebum, membuatnya tampak kering dan usang. "Jika ujung rambut Anda tetap kaku dan lurus dan berbeda dari rambut yang paling dekat dengan akar, kemungkinan karena kerusakan panas," kata Thakur.

Thakur mengatakan bahwa sangat penting untuk mengetahui jenis rambut Anda — terutama seberapa kuat atau lemah serta seberapa tipis atau tebalnya. "Kebanyakan orang menggunakan suhu yang lebih tinggi pada alat ketika hasil yang sama dapat dicapai dengan pengaturan panas yang jauh lebih rendah," kata Thakur.

Dia menyarankan untuk menggunakan produk pelindung panas sebelum penataan panas. Secara fisik melindungi dengan melapisi rambut dengan pelindung yang terbuat dari silikon yang larut dalam air.

Juga, jangan pernah menggunakan alat panas pada rambut lembab. “Penataan rambut basah yang panas adalah bencana yang terjamin. Anda pada dasarnya merebus rambut Anda, ketika panas mengenai air di rambut Anda, itu mendidih sehingga menghasilkan uap. Ini membunuh rambut Anda; tidak ada pemulihan,” Bauer memperingatkan.

4. Kerusakan fisik dapat membuat rambut Anda mudah rusak dan tipis

Jika Anda mengikat rambut dengan simpul yang ketat, atau menyisir rambut terlalu keras, Anda mungkin menemukan helai rambut putus di bagian akar dan juga di bagian tengahnya.

Kedua penata rambut mengatakan bahwa jika Anda melihat garis rambut Anda surut di daerah-daerah tertentu, terutama di dekat bagian tengah, itu mungkin karena cara Anda mengikat rambut Anda. Kepang dan kuncir kuda yang kencang menyebabkan rambut Anda tertarik kencang yang menyebabkan kerontokan rambut terkait traksi.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan juga ketika rambut Anda kurang elastis. Kerusakan rambut terkait traksi juga biasa terjadi pada orang yang menggunakan ekstensi untuk waktu yang lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Bandara YIA Kulonprogo-Stasiun Tugu Jogja, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement