Baking Soda Disebut Bisa Hilangkan Jerawat, Ini Tinjauan Medisnya

Ilustrasi. - Freepik
31 Juli 2020 18:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Baking Soda atau Sodium Bicarbonate banyak ditemukan di rumah dan dapat digunakan untuk beragam fungsi. Bila digunakan dengan benar,baking soda bisa menjadi penyelamat masakan.

Namun, belakangan ini, banyak yang menyebut bahwa baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Tapi bagaimana secara medis sendiri?

Baca juga: Menyesal setelah Potong Rambut? Ini Sejumlah Tips Agar Rambut Cepat Panjang

Dilansir dari Healthsots, Dr Sonal Bansal, konsultan dermatologi, Fortis Memorial Research Institute, mengatakan baking soda tidak bisa menyembuhkan jerawat.

Pertama, tidak ada bukti ilmiah atau penelitian yang menyatakan bahwa soda kue dapat membantu menghilangkan jerawat atau bahkan mencegahnya.

Baca juga: Penting, Ini Dampak Buruk Pakai Celana Jeans Ketat dan Cukur Rambut Kemaluan

Kedua, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa baking soda dapat merusak kulit. Bahkan, menurut Dr Bansal jika Anda menggunakan baking soda untuk mengobati jerawat, itu sebenarnya dapat memiliki efek sebaliknya dan meninggalkan Anda dengan bekas luka karena mungkin akan berakhir membakar kulit.

“Siapa pun yang menderita jerawat sebaiknya tidak menggunakan bahan kasar pada kulit. Kulit yang rentan terhadap jerawat sangat sensitif dan Anda tidak harus pergi untuk pengobatan rumahan yang suram karena mungkin berakhir lebih berbahaya daripada yang baik, "simpulnya.

Jadi, jangan jatuh hati pada apa pun yang Anda lihat di Instagram. Ketika sampai pada kulit, hanya Anda tahu yang paling cocok untuk Anda dan tentu bukan baking soda.

Sumber : Suara.com