Segudang Manfaat Minum Air Putih, Mengurangi Sembelit hingga Memecah Lemak

Ilustrasi. - Freepik
01 Agustus 2020 23:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Manusia membutuhkan air untuk tubuhnya. Air bukan hanya untuk memuaskan dahaga tetapi juga diperlukan tubuh dalam mencegah penyakit hingga menurunkan berat badan.

Secara umum, air minum, khususnya air panas atau hangat, dipercaya dapat membantu mengurangi berat badan.

Hal ini karena air putih bisa meningkatkan rasa kenyang, membantu tubuh menyerap nutrisi, dan membuang racun di tubuh.

Baca juga: 7 Organ Terpenting dalam Tubuh dan Cara Detoksifikasinya

Melansir dari India Times, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 menunjukkan bahwa minum air panas dapat meningkatkan proses penurunan berat badan.

Penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa minum 500 ml air sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

Minum air panas atau hangat setiap hari di pagi hari atau sepanjang hari dapat membantu proses penurunan berat badan dengan berbagai cara, antara lain:

Memecah Lemak

Air panas memecah lemak dalam tubuh dan memobilisasi lemak tersebut menjadi molekul. Hal ini akan mempermudah proses pencernaan dan pembakaran lemak yang sudah terpecah.

Baca juga: Benarkah Aroma Terapi Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Menahan Nafsu Makan

Air hangat membantu menahan nafsu makan. Minum segelas air hangat 30 menit sebelum makan dapat membantu mengatur asupan kalori.

Meningkatkan Pencernaan

Air pada umumnya dapat bertindak sebagai agen yang memperlancar aliran proses pencernaan. Air juga bisa melarutkan partikel makanan yang sulit dicerna di perut Anda.

Meringankan Sembelit

Air panas yang sampai di usus Anda dapat mengurangi penyumbatan dalam organ tersebut sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Namun, perlu diingat jika Anda ingin menurunkan berat badan, imbangi juga dengan konsumsi makanan seimbang dan olahraga teratur.

Sumber : Suara.com