Advertisement

Tidak Semua Makanan Berkalori Tinggi Buruk untuk Kesehatan, Ini 7 Contohnya

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:37 WIB
Nina Atmasari
Tidak Semua Makanan Berkalori Tinggi Buruk untuk Kesehatan, Ini 7 Contohnya Chia seed

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Tubuh manusia membutuhkan kalori untuk hidup. Namun, setiap kali seseorang melakukan diet atau memutuskan untuk makan sehat, hal pertama yang mereka lakukan adalah mengurangi asupan kalori mereka.

Kalori adalah satuan energi dasar yang ditemukan dalam setiap jenis makanan yang kita makan dan diperlukan untuk mempertahankan tingkat metabolisme basal tubuh. Jumlah kalori yang perlu dikonsumsi seseorang dalam sehari tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, dan massa otot tanpa lemak.

Advertisement

Makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar untuk waktu yang lama dapat meningkatkan berat badan, meningkatkan kemungkinan penyakit jantung, diabetes tipe II, dan kanker.

Baca juga: Anda Jarang Ganti Masker? Masalah Kesehatan Akan Mengintai

Namun, dikutip dari Times of India, tidak semua makanan yang mengandung kalori tinggi berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa item makanan bahkan dengan kadar kalori tinggi baik untuk kesehatan dan dapat ditambahkan ke dalam menu diet ketika mencoba untuk mengurangi berat badan.

Berikuti 7 makanan berkalori tinggi yang baik untuk kesehatan.

1.Selai Kacang

Selai kacang atau selai kacang juga mengandung banyak kalori. 1 sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori per sendok makan, yang hampir setara dengan jumlah kalori yang ditemukan dalam mentega tawar. Selai kacang juga kaya protein, serat, dan lemak sehat serta fitonutrien.

Baca juga: Ini 8 Makanan Penurun Kolesterol untuk Cegah Penyakit Jantung dan Stroke

2.Chia Seeds

Biji chia dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat karena kandungan serat, omega-3, protein dan sengnya yang tinggi. Biji hitam kecil ini adalah agen anti-oksidan dan anti-inflamasi yang sangat baik. Namun, biji chia juga tinggi kalori. Satu sendok makan biji hitam mengandung 70 kalori.

3.Quinoa

Pada daftar diet setiap pengamat berat, quinoa ada di atas. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa quinoa adalah makanan yang padat kalori. Satu cangkir (sekitar 185 gram) quinoa yang dimasak mengandung 222 kalori, yang kira-kira sama dengan 1 cangkir nasi merah yang dimasak. 195 gram nasi merah yang dimasak mengandung 218 kalori. Biji-bijian kuno juga kaya akan protein, serat, zat besi, tembaga, tiamin, dan vitamin B6.

4.Olive Oil

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, juga kaya akan kandungan omega-6, omega-3, vitamin E, dan vitamin K, yang dianggap baik untuk fungsi otak dan mengelola berat badan yang sehat. Namun, minyak zaitun juga tinggi kalori dan lemak. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung 120 kalori dan 14 gram lemak.

5.Kacang-kacangan

Kacang dan biji dianggap sebagai pilihan ngemil yang paling sehat, tetapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa itu juga tinggi kalori. 100 gram campuran jejak mengandung 462 kalori. Lebih baik tidak membeli campuran jejak dari pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement